Scroll untuk baca artikel
InternetTekno

5 Tips Ampuh Mengamankan Diri dari Panggilan Penipuan di WhatsApp

28
×

5 Tips Ampuh Mengamankan Diri dari Panggilan Penipuan di WhatsApp

Sebarkan artikel ini
Cara Menghindari Panggilan Penipuan di WhatsApp

Halosenja.com – Panggilan penipuan melalui WhatsApp merupakan salah satu modus yang kerap digunakan oleh para pelaku kejahatan untuk memperoleh informasi pribadi atau bahkan uang dari korban. Panggilan penipuan ini bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja, sehingga penting bagi kita untuk selalu waspada dan menghindarinya.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari panggilan penipuan di WhatsApp. Pertama-tama, pastikan untuk selalu memverifikasi nomor yang menghubungi Anda sebelum melakukan interaksi lebih lanjut. Jangan langsung percaya dengan informasi yang diberikan oleh penelepon tanpa adanya konfirmasi yang jelas.

Selain itu, berhati-hatilah terhadap panggilan dari nomor yang tidak dikenal atau asing. Jika Anda menerima panggilan dari nomor yang tidak terdaftar di kontak Anda, sebaiknya jangan langsung mengangkat telepon tersebut. Cobalah untuk mencari tahu lebih lanjut tentang nomor tersebut melalui mesin pencari atau layanan pencarian nomor telepon untuk mengetahui apakah nomor tersebut terkait dengan penipuan atau tidak.

Selalu periksa reputasi dan ulasan tentang perusahaan atau layanan yang menghubungi Anda melalui panggilan WhatsApp. Jangan langsung memberikan informasi pribadi atau data sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor rekening, kata sandi, atau informasi penting lainnya kepada penelepon tanpa adanya bukti otentik yang menunjukkan bahwa mereka benar-benar perusahaan atau layanan yang sah.

Selain itu, pastikan untuk tidak mengklik tautan yang diberikan oleh penelepon melalui panggilan WhatsApp. Tautan tersebut bisa mengarahkan Anda ke situs yang tidak aman atau berisikan malware yang dapat merusak perangkat Anda. Jika Anda merasa curiga terhadap tautan yang diberikan, sebaiknya jangan klik dan laporkan nomor tersebut ke pihak yang berwenang.

Selalu ingat untuk mengupdate perangkat Anda secara berkala dan menggunakan aplikasi keamanan yang dapat melindungi Anda dari ancaman cyber seperti panggilan penipuan. Selain itu, jangan ragu untuk memblokir nomor yang mencurigakan atau terindikasi sebagai penipu agar Anda terhindar dari panggilan penipuan di masa mendatang.

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, diharapkan Anda dapat menghindari panggilan penipuan di WhatsApp dan melindungi diri Anda dari para pelaku kejahatan digital. Ingatlah untuk selalu waspada dan tidak mudah percaya terhadap informasi yang tidak jelas atau mencurigakan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menghadapi panggilan penipuan di WhatsApp.