Scroll untuk baca artikel
GadgetTekno

Panduan Praktis Melawan SMS Spam: Cegah Pinjaman Online dengan Memblokir Pengirim Pesan Tak Diinginkan di HP Anda

31
×

Panduan Praktis Melawan SMS Spam: Cegah Pinjaman Online dengan Memblokir Pengirim Pesan Tak Diinginkan di HP Anda

Sebarkan artikel ini
Cara Memblokir SMS Spam di HP, Terhindar dari Pinjol dan

Halosenja.com – Saat ini, SMS spam menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna ponsel. Bukan hanya mengganggu, SMS spam juga bisa berpotensi merugikan, terutama jika dikaitkan dengan pinjaman online yang sering kali dianggap sebagai pinjol. Pinjol sendiri merupakan singkatan dari Pinjaman Online yang sering kali menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan proses yang cepat dan mudah.

Salah satu cara untuk menghindari SMS spam terkait pinjol adalah dengan cara memblokir nomor-nomor yang sering mengirimkan pesan tersebut. Berikut adalah cara-cara sederhana untuk memblokir SMS spam di HP Anda:

1. Gunakan fitur pemblokiran bawaan
Mayoritas ponsel pintar saat ini sudah dilengkapi dengan fitur pemblokiran nomor. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk memblokir nomor-nomor yang sering mengirimkan SMS spam. Caranya mudah, Anda cukup masuk ke daftar kontak atau log panggilan, lalu pilih nomor yang ingin diblokir dan aktifkan fitur pemblokiran.

2. Gunakan aplikasi pemblokir SMS
Selain fitur bawaan, Anda juga bisa menginstal aplikasi pemblokir SMS di ponsel Anda. Ada banyak aplikasi pemblokir SMS yang bisa Anda download di Play Store atau App Store, seperti Truecaller, Hiya, atau Nomorobo. Aplikasi ini tidak hanya bisa membantu Anda memblokir SMS spam, tapi juga memberikan fitur-fitur keamanan lainnya.

3. Daftar ke layanan DND
Selain menggunakan fitur bawaan atau aplikasi pemblokir SMS, Anda juga bisa mendaftar ke layanan Do Not Disturb (DND) yang disediakan oleh operator telekomunikasi. Dengan mendaftar ke layanan DND, Anda bisa memilih untuk tidak menerima SMS promosi atau iklan dari operator atau pihak ketiga lainnya.

4. Jangan memberikan nomor HP sembarangan
Agar tidak menjadi target SMS spam, sebaiknya Anda tidak memberikan nomor HP Anda sembarangan. Pastikan Anda hanya memberikan nomor HP kepada pihak yang terpercaya dan hanya untuk keperluan yang benar-benar penting.

5. Laporkan nomor spam ke operator
Jika Anda sudah mengalami gangguan SMS spam dari nomor tertentu, segera laporkan nomor tersebut ke operator telekomunikasi. Dengan begitu, operator bisa mengambil tindakan lebih lanjut terhadap nomor-nomor yang sering mengirimkan SMS spam.

Dengan cara-cara di atas, Anda diharapkan bisa terhindar dari SMS spam yang sering terkait dengan pinjol. Selain mengganggu, SMS spam yang terkait dengan pinjol juga bisa berpotensi merugikan, terutama jika Anda tidak berhati-hati. Oleh karena itu, selalu waspada dan segera ambil tindakan preventif jika Anda mulai menerima SMS spam di HP Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.