Scroll untuk baca artikel
InternetTekno

Menjaga Keamanan Dalam Genggaman: Peringatan Terbaru tentang Infeksi Malware Emotet dan Kembalinya Loki

124
×

Menjaga Keamanan Dalam Genggaman: Peringatan Terbaru tentang Infeksi Malware Emotet dan Kembalinya Loki

Sebarkan artikel ini
Waspada Metode Infeksi Malware Baru, Emotet Kembali dan Loki...

Halosenja.com – Waspada Metode Infeksi Malware Baru, Emotet Kembali dan Loki Muncul

Dalam era digital yang semakin maju, ancaman keamanan terus berkembang dengan munculnya malware baru yang semakin canggih. Baru-baru ini, dunia internet dikejutkan dengan munculnya dua jenis malware yang sangat berbahaya, yaitu Emotet dan Loki. Kedua malware ini menggunakan metode infeksi yang sangat cerdik dan sulit dideteksi, sehingga para pengguna internet perlu waspada.

Emotet, yang pertama kali muncul pada tahun 2014, telah menjadi salah satu malware paling berbahaya dan sering digunakan oleh kelompok cybercrime. Malware ini awalnya dirancang sebagai Trojan banking yang bertujuan mencuri informasi keuangan pengguna. Namun, Emotet telah berevolusi menjadi sebuah botnet yang dapat menyebarkan dirinya sendiri melalui email phishing.

Metode infeksi Emotet yang paling baru dan unik adalah melalui email yang tampak seperti email yang sah. Malware ini akan menyusup ke dalam email dan mengirimkannya ke daftar kontak korban dengan subjek yang menarik. Ketika korban membuka lampiran di dalam email tersebut, malware akan secara otomatis terinstal dan mulai menginfeksi komputer korban. Emotet juga memiliki kemampuan untuk mencuri informasi login dan mengendalikan komputer korban dari jarak jauh.

Selain Emotet, malware baru lainnya yang perlu diwaspadai adalah Loki. Loki merupakan malware bertipe Trojan yang pertama kali ditemukan pada tahun 2016. Loki dirancang untuk mencuri informasi sensitif seperti username, password, dan informasi keuangan pengguna. Malware ini telah ditemukan dalam berbagai aplikasi Android yang diunduh dari toko aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi.

Metode infeksi Loki yang unik adalah dengan menyamar sebagai aplikasi yang sah. Malware ini akan menyusup ke dalam aplikasi yang populer dan diunduh oleh banyak pengguna. Setelah aplikasi terinfeksi, Loki akan mencuri informasi sensitif pengguna secara diam-diam dan mengirimkannya ke server komando dan kontrol yang dikendalikan oleh penjahat cyber.

Para ahli keamanan cyber mengatakan bahwa Emotet dan Loki merupakan ancaman yang sangat serius dan sulit dideteksi. Keduanya menggunakan teknik enkripsi dan obfuscation yang rumit untuk menghindari deteksi antivirus. Oleh karena itu, penting bagi pengguna internet untuk selalu mengupdate perangkat lunak keamanan mereka dan berhati-hati terhadap email dan aplikasi yang mencurigakan.

Untuk melindungi diri dari serangan malware seperti Emotet dan Loki, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, selalu pastikan perangkat lunak keamanan Anda diperbarui dengan versi terbaru. Kedua, jangan pernah membuka lampiran atau mengklik tautan yang mencurigakan dalam email. Ketiga, hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak resmi dan pastikan aplikasi yang diunduh berasal dari toko aplikasi resmi.

Kesimpulannya, pengguna internet perlu waspada terhadap munculnya metode infeksi malware baru yang sangat cerdik seperti Emotet dan Loki. Dalam menghadapi ancaman ini, penting bagi kita semua untuk selalu mengupdate perangkat lunak keamanan kita, berhati-hati terhadap email dan aplikasi yang mencurigakan, serta menghindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak resmi. Dengan demikian, kita dapat melindungi diri kita sendiri dan menjaga keamanan data kita di dunia digital yang semakin kompleks ini.