Scroll untuk baca artikel
MotorOtomotif

5 Tanda Motor Matic Butuh Servis CVT, Jangan Abaikan!

25
×

5 Tanda Motor Matic Butuh Servis CVT, Jangan Abaikan!

Sebarkan artikel ini
Ciri-Ciri Motor Matic Yang Perlu Servis CVT, Ini Patokannya

Halosenja.com – Motor matic merupakan jenis motor yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai kendaraan sehari-hari. Namun, banyak pemilik motor matic yang belum mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic mereka. CVT merupakan bagian yang cukup vital pada motor matic karena berfungsi untuk mengatur perpindahan gigi secara otomatis. Oleh karena itu, penting bagi pemilik motor matic untuk mengetahui ciri-ciri motor matic yang perlu servis CVT. Berikut ini adalah patokan-patokan yang perlu diperhatikan:

1. Perubahan performa motor
Salah satu ciri-ciri motor matic yang perlu servis CVT adalah adanya perubahan performa motor. Jika motor matic Anda terasa lebih lambat dalam akselerasi atau tidak responsif saat gas ditekan, maka hal itu bisa menjadi indikasi bahwa CVT perlu dilakukan servis. Performa motor yang menurun biasanya disebabkan oleh adanya gesekan berlebih pada bagian-bagian CVT yang sudah aus.

2. Bunyi yang tidak wajar
Jika saat mengendarai motor matic Anda mendengar bunyi yang tidak wajar, seperti berisik atau berderit ketika mesin dihidupkan, bisa menjadi tanda bahwa CVT perlu diservis. Bunyi tersebut bisa disebabkan oleh gesekan antara komponen CVT yang sudah aus atau kotor. Jangan abaikan bunyi tersebut karena bisa berakibat fatal pada kerusakan CVT yang lebih parah.

3. Warna oli CVT berubah
Salah satu ciri-ciri motor matic yang perlu servis CVT adalah perubahan warna oli CVT. Jika Anda menemukan bahwa warna oli CVT lebih gelap dari biasanya atau bahkan ada partikel-partikel kotoran yang mengendap di dalam oli, hal itu bisa menandakan bahwa CVT perlu segera diservis. Perubahan warna oli dapat menjadi indikasi adanya kerusakan pada komponen CVT yang perlu segera diperbaiki.

4. Getaran yang tidak normal
Jika motor matic Anda mengalami getaran yang tidak normal, seperti getaran yang terasa semakin keras atau tidak stabil saat melakukan akselerasi, bisa menjadi tanda bahwa CVT perlu servis. Getaran yang tidak normal biasanya disebabkan oleh adanya gesekan berlebih atau keausan pada komponen CVT, sehingga perlu pengecekan dan perbaikan yang tepat.

5. Panas berlebih
Jika suhu mesin motor matic Anda terasa lebih panas dari biasanya, hal itu bisa menjadi ciri bahwa CVT perlu diservis. Panas berlebih pada mesin motor matic bisa disebabkan oleh gesekan berlebih antara komponen CVT yang sudah aus atau kekurangan oli pada bagian CVT. Pastikan untuk segera melakukan servis CVT jika motor matic Anda terasa panas berlebih.

6. Perpindahan gigi yang lambat
Jika motor matic Anda kesulitan untuk melakukan perpindahan gigi secara mulus atau merasakan delay saat melakukan akselerasi, hal itu bisa menjadi tanda bahwa CVT perlu diservis. Perpindahan gigi yang lambat atau tidak responsif bisa disebabkan oleh gesekan berlebih pada komponen CVT, sehingga perlu perbaikan yang tepat.

7. Konsumsi bahan bakar meningkat
Ciri-ciri motor matic yang perlu servis CVT yang terakhir adalah adanya peningkatan konsumsi bahan bakar. Jika Anda merasa bahwa motor matic Anda harus mengisi bahan bakar lebih sering dari biasanya, hal itu bisa menjadi indikasi bahwa CVT perlu diperiksa dan diservis. Gesekan berlebih pada komponen CVT dapat menyebabkan motor matic Anda menjadi lebih boros dalam konsumsi bahan bakar.

Itulah beberapa ciri-ciri motor matic yang perlu servis CVT yang perlu diperhatikan oleh pemilik motor matic. Penting untuk selalu melakukan servis CVT secara berkala agar motor matic Anda tetap dalam kondisi yang baik dan terhindar dari kerusakan yang lebih serius. Jangan ragu untuk menghubungi bengkel resmi jika Anda merasa motor matic Anda memenuhi salah satu ciri-ciri di atas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda para pemilik motor matic.