Scroll untuk baca artikel
MobilOtomotif

Ban Mobil Usang? Kenali 5 Tanda-tanda Waktunya Diganti!

20
×

Ban Mobil Usang? Kenali 5 Tanda-tanda Waktunya Diganti!

Sebarkan artikel ini
Tanda-Tanda Ban Mobil Harus Diganti: Kenali Kapan Waktunya!

Halosenja.com – Ban mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Namun, seringkali ban mobil diabaikan oleh pemilik kendaraan dan hanya diganti ketika sudah benar-benar aus atau kempes. Padahal, ada beberapa tanda-tanda yang sebaiknya diperhatikan untuk mengetahui kapan waktunya ban mobil harus diganti. Berikut adalah beberapa tanda-tanda ban mobil harus diganti yang perlu Anda ketahui:

1. Profil ban menipis
Salah satu tanda yang paling jelas bahwa ban mobil perlu diganti adalah ketika profil ban sudah menipis. Profil ban yang menipis biasanya disebabkan oleh pemakaian ban yang sudah cukup lama atau sering melalui jalan yang kasar. Ban yang sudah terlalu tipis dapat menyebabkan keausan yang lebih cepat dan dapat membahayakan keselamatan berkendara.

2. Tanda-tanda patah
Tanda-tanda patah pada ban mobil juga merupakan tanda bahwa ban sudah harus diganti. Patah pada ban mobil dapat menyebabkan ban kempes atau bahkan pecah saat sedang berkendara. Oleh karena itu, segera ganti ban Anda jika menemukan tanda-tanda patah pada ban mobil Anda.

3. Keropos atau bengkak
Ban mobil yang keropos atau bengkak juga merupakan tanda bahwa ban perlu segera diganti. Keropos atau bengkak pada ban mobil biasanya terjadi akibat dari perubahan suhu, tekanan angin yang tidak sesuai atau kerusakan lainnya. Ban mobil yang keropos atau bengkak dapat menyebabkan mobil tidak stabil saat berkendara dan dapat menyebabkan kecelakaan.

4. Ban aus secara tidak merata
Jika ban mobil Anda aus secara tidak merata, ini juga merupakan tanda bahwa ban harus segera diganti. Aus secara tidak merata biasanya disebabkan oleh kurangnya rotasi ban, tekanan angin yang tidak sesuai, atau masalah pada suspensi mobil. Aus secara tidak merata pada ban mobil dapat mengganggu keseimbangan mobil saat berkendara.

5. Tanda-tanda aus
Tanda-tanda aus pada ban mobil juga harus segera diperhatikan. Aus pada ban mobil biasanya ditandai dengan penurunan kedalaman alur ban atau munculnya tanda-tanda keausan pada permukaan ban. Jika Anda melihat tanda-tanda aus pada ban mobil Anda, segera ganti ban tersebut sebelum membahayakan keselamatan Anda saat berkendara.

6. Usia ban
Usia ban juga perlu diperhatikan ketika Anda ingin menentukan kapan waktunya ban mobil harus diganti. Ban mobil biasanya memiliki umur pakai yang ditentukan oleh produsen, meskipun terkadang ban mobil bisa digunakan lebih lama atau lebih pendek dari itu tergantung pada kondisi pemakaian dan perawatan. Jika ban mobil sudah melewati batas usia pakainya, sebaiknya segera ganti ban tersebut untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

7. Perubahan performa mobil
Jika Anda merasakan perubahan performa mobil seperti getaran yang tidak wajar, suara berisik saat berkendara, atau mobil sulit dikendalikan, mungkin hal tersebut disebabkan oleh ban mobil yang sudah harus diganti. Ban mobil yang tidak dalam kondisi baik dapat mempengaruhi kinerja mobil dan menyebabkan gangguan saat berkendara.

Dari beberapa tanda-tanda di atas, Anda bisa mengetahui kapan waktunya ban mobil harus diganti untuk menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Jangan mengabaikan tanda-tanda tersebut dan segera ganti ban mobil Anda jika memang sudah diperlukan. Selalu perhatikan kondisi ban mobil secara rutin dan lakukan perawatan sesuai dengan anjuran produsen untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara.