Scroll untuk baca artikel
MotorOtomotif

5 Trik Ampuh Agar Motor Tidak Kehabisan Bensin dan Hemat BBM

21
×

5 Trik Ampuh Agar Motor Tidak Kehabisan Bensin dan Hemat BBM

Sebarkan artikel ini
Motor Hampir Kehabisan Bensin? Ini Trik Jitu Agar Hemat BBM

Halosenja.com – Motor Hampir Kehabisan Bensin? Ini Trik Jitu Agar Hemat BBM

Motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain praktis dan efisien, motor juga lebih hemat dibandingkan kendaraan bermotor lainnya. Namun, masalah yang sering dialami oleh para pengendara motor adalah kehabisan bensin di tengah jalan. Hal ini tentu bisa menjadi masalah besar apabila terjadi di tempat yang jauh dari pom bensin terdekat. Berikut adalah beberapa trik jitu agar motor hemat BBM dan tidak kehabisan bensin di tengah perjalanan.

Pertama, pastikan untuk selalu memeriksa kondisi motor sebelum digunakan. Salah satu faktor utama yang bisa membuat motor boros bensin adalah kondisi mesin yang kurang baik. Pastikan oli mesin, filter udara, dan busi dalam kondisi optimal. Jika ditemukan kerusakan atau keausan pada komponen-komponen tersebut, segera lakukan perbaikan agar motor lebih efisien dalam penggunaan BBM.

Kedua, perhatikan gaya berkendara Anda. Mengendarai motor dengan cara yang agresif seperti sering menggeber gas dan pengereman mendadak dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Cobalah untuk mengendarai motor dengan tenang dan santai, menjaga kecepatan stabil, serta menghindari percepatan yang tiba-tiba. Dengan begitu, motor akan lebih hemat BBM dan jarak tempuhnya bisa lebih jauh.

Ketiga, hindari membawa beban yang berat saat berkendara. Semakin berat beban yang dibawa, semakin besar juga konsumsi bahan bakar motor. Sehingga, pastikan untuk tidak membawa barang-barang yang tidak perlu atau berat saat bepergian dengan motor. Selain itu, hindari juga membawa barang di dalam box motor, karena hal ini juga dapat mengurangi efisiensi bahan bakar motor.

Keempat, atur tekanan angin ban motor dengan benar. Ban yang kempis atau kelebihan angin dapat membuat motor lebih boros bensin. Pastikan untuk selalu memeriksa dan mengatur tekanan angin ban motor sesuai dengan ketentuan yang dianjurkan oleh pabrikan. Dengan ban yang dalam kondisi optimal, motor akan lebih stabil saat dikendarai dan efisiensi bahan bakarnya juga akan meningkat.

Kelima, pastikan bahwa motor Anda menggunakan bahan bakar yang berkualitas. Penggunaan bahan bakar yang kurang berkualitas dapat membuat mesin motor menjadi tidak efisien dalam membakar bahan bakar. Sehingga, pastikan untuk selalu mengisi bahan bakar di tempat yang terpercaya dan memiliki standar kualitas yang baik. Hindari juga penggunaan bahan bakar ilegal atau menyelipkan campuran bahan kimia tambahan yang tidak jelas ke dalam tangki bahan bakar.

Terakhir, lakukan perawatan rutin terhadap motor Anda. Mesin motor yang terawat dengan baik akan lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Pastikan untuk melakukan servis berkala serta mengganti komponen-komponen yang sudah aus atau rusak. Dengan melakukan perawatan rutin, motor Anda akan lebih awet dan hemat BBM.

Dengan menerapkan beberapa trik jitu di atas, Anda bisa menghindari motor Anda dari kehabisan bensin di tengah jalan. Selain itu, motor Anda juga akan lebih hemat dalam penggunaan BBM, sehingga bisa menghemat pengeluaran dan menjaga lingkungan dari polusi udara akibat emisi gas buang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pengendara motor di Indonesia. Selamat berkendara dan tetap jaga keselamatan di jalan raya.