Scroll untuk baca artikel
MobilOtomotif

Dilakukan dengan Hati-hati: Bahaya yang Menanti saat Menggabungkan Dua Jenis yang Berbeda

64
×

Dilakukan dengan Hati-hati: Bahaya yang Menanti saat Menggabungkan Dua Jenis yang Berbeda

Sebarkan artikel ini
Update Harga BBM Pertamina, Shell, BP, Vivo Terbaru 1

Halosenja.com – Makanan atau Minuman

Mencampur dua jenis makanan atau minuman yang seharusnya tidak seharusnya dicampur bisa memiliki dampak buruk pada tubuh kita. Meskipun terlihat sepele, namun efeknya bisa sangat merugikan kesehatan kita dalam jangka panjang. Beberapa makanan dan minuman yang tidak seharusnya dicampur adalah:

1. Susu dan Jus Jeruk
Mencampur susu dengan jus jeruk dapat menyebabkan penggumpalan susu dan mengganggu pencernaan kita. Jika kita ingin minum susu, sebaiknya hindari minum jus jeruk dalam waktu yang berdekatan.

2. Daging dan Makanan Manis
Mencampur daging dengan makanan manis seperti es krim atau kue dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Makanan manis dapat memperlambat proses pencernaan daging, sehingga mencampurnya bisa menyebabkan perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Sereal dan Jus Jeruk
Jika kita biasa sarapan dengan sereal dan ingin minum jus jeruk, sebaiknya hindari mencampur keduanya. Asam dalam jus jeruk dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam sereal, yang dapat menyebabkan kekurangan zat besi dalam jangka panjang.

4. Alkohol dan Energi Drink
Mencampur alkohol dengan minuman berenergi dapat sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, sedangkan minuman berenergi dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Mencampurnya dapat memperburuk efek dehidrasi dan meningkatkan risiko gangguan jantung.

5. Makanan Pedas dan Minuman Berkafein
Makanan pedas dan minuman berkafein seperti kopi atau teh dapat meningkatkan produksi asam lambung. Mencampurnya dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan meningkatkan risiko sakit maag.

6. Buah dan Makanan Berat
Makan buah setelah makan makanan berat dapat mengganggu proses pencernaan. Buah yang dikonsumsi setelah makanan berat akan tetap berada di perut lebih lama, yang dapat menyebabkan perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Mencampur dua jenis makanan atau minuman yang seharusnya tidak dicampur dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan kita. Dampaknya dapat berupa gangguan pencernaan, perut kembung, gangguan jantung, dehidrasi, dan lain-lain. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kombinasi makanan dan minuman yang kita konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Referensi:
– https://www.healthline.com/health/food-nutrition/food-combining
– https://www.medicalnewstoday.com/articles/320327