Scroll untuk baca artikel
MotorOtomotif

6 Komponen Motor yang Terganggu Akibat Terlalu Lama Menunda Ganti Oli

56
×

6 Komponen Motor yang Terganggu Akibat Terlalu Lama Menunda Ganti Oli

Sebarkan artikel ini
Terlalu Lama Menunda Ganti Oli?  Ini Dia 6 Komponen Motor

Halosenja.com – Terlalu Lama Menunda Ganti Oli? Ini Dia 6 Komponen Motor yang Terpengaruh

Ganti oli secara teratur adalah salah satu bagian penting dari perawatan kendaraan. Namun, seringkali pemilik kendaraan lalai dan terlalu lama menunda penggantian oli mesin. Akibatnya, beberapa komponen motor dapat terpengaruh dan berpotensi menyebabkan masalah yang lebih besar di kemudian hari. Berikut adalah enam komponen motor yang dapat terpengaruh jika terlalu lama menunda ganti oli.

1. Mesin
Mesin adalah komponen utama yang terpengaruh oleh oli yang sudah terlalu tua. Oli yang sudah kotor dan kental tidak dapat melumasi mesin dengan baik, sehingga dapat menyebabkan gesekan berlebihan antar bagian mesin. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan performa mesin, peningkatan suhu mesin, dan bahkan kerusakan mesin secara keseluruhan.

2. Piston
Piston adalah salah satu komponen mesin yang sangat penting. Oli yang sudah terlalu tua dapat mengakibatkan penumpukan endapan pada piston, yang dapat mengurangi keberhasilan pembakaran bahan bakar dan mengurangi tenaga mesin.

3. Katup
Katup adalah komponen yang mengatur masuknya bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar mesin. Oli yang sudah kotor dapat membuat katup menjadi kaku dan sulit bergerak. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan performa mesin dan peningkatan emisi gas buang.

4. Sistem pendinginan
Oli juga berperan dalam menjaga suhu mesin tetap stabil. Oli yang sudah terlalu kotor dapat mengurangi kemampuan pendinginan dan menyebabkan suhu mesin naik secara drastis. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen sistem pendinginan, seperti radiator dan kipas.

5. Sistem pelumasan
Oli berfungsi sebagai pelumas bagi berbagai komponen mesin. Oli yang sudah terlalu tua dapat mengurangi kemampuan pelumasan dan menyebabkan gesekan berlebihan antar komponen. Hal ini dapat menyebabkan keausan yang lebih cepat pada komponen seperti poros dan bantalan.

6. Sistem transmisi
Oli juga digunakan dalam sistem transmisi kendaraan. Oli transmisi yang sudah terlalu kotor dapat mengurangi kinerja transmisi dan menyebabkan pergesekan yang tidak lancar antar komponen. Hal ini dapat menyebabkan perubahan yang tidak normal pada transmisi, seperti gesekan yang berlebihan atau pergeseran gigi yang tidak tepat.

Menunda penggantian oli mesin dapat memiliki dampak serius pada berbagai komponen motor. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengikuti jadwal penggantian oli yang telah ditentukan oleh pabrikan kendaraan. Dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat memperpanjang umur kendaraan Anda dan mencegah kerusakan yang tidak perlu.