Scroll untuk baca artikel
MobilOtomotif

Kecewa Mobil Ternyata Tidak Menyediakan APAR yang Dibutuhkan

133
×

Kecewa Mobil Ternyata Tidak Menyediakan APAR yang Dibutuhkan

Sebarkan artikel ini
Kebanyakan APAR yang Tersedia di Mobil Ternyata Tak Sesuai

Halosenja.com – Kebanyakan APAR yang Tersedia di Mobil Ternyata Tak Sesuai

Indonesia, Jakarta – Ketika berbicara tentang keselamatan di jalan raya, kita sering kali berpikir tentang pentingnya memiliki alat pemadam kebakaran yang efektif dalam mobil. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kebanyakan alat pemadam api ringan (APAR) yang tersedia di mobil pribadi tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelamat Indonesia (API), ditemukan bahwa sebanyak 80% mobil di Indonesia dilengkapi dengan APAR yang tidak memenuhi standar keselamatan. Hal ini menimbulkan keprihatinan besar mengingat pentingnya APAR dalam membantu memadamkan kebakaran yang bisa terjadi di mobil.

Menurut API, APAR yang tidak sesuai standar memiliki beberapa masalah utama. Pertama, sebagian besar APAR yang ada di mobil tidak pernah diperiksa atau dirawat secara teratur. Ini berarti bahwa mereka mungkin tidak berfungsi dengan baik ketika dibutuhkan. Selain itu, beberapa APAR yang dijual di pasaran ternyata palsu atau tidak berkualitas.

API juga menemukan bahwa sebagian besar APAR yang tersedia di mobil memiliki ukuran yang tidak memadai. Standar keselamatan membutuhkan APAR dengan kapasitas minimal 1 kg, namun sebagian besar mobil hanya dilengkapi dengan APAR ukuran 0,5 kg atau kurang. Ini berarti bahwa APAR tersebut tidak akan mampu memadamkan kebakaran dengan efektif jika terjadi kebakaran di dalam mobil.

Selain itu, API juga menyoroti masalah penggunaan bahan kimia yang tidak tepat dalam APAR yang ada di mobil. Beberapa APAR menggunakan bahan kimia yang tidak efektif atau bahkan berbahaya dalam memadamkan api. Ini berarti bahwa meskipun APAR ada di mobil, mereka mungkin tidak mampu memadamkan api dengan efektif dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut jika digunakan.

API mendesak pemerintah dan produsen mobil untuk meningkatkan standar keselamatan APAR yang tersedia di mobil. Mereka menyarankan agar APAR yang ada di mobil diperiksa dan dirawat secara teratur oleh pemilik mobil. Selain itu, mereka juga menyarankan agar konsumen membeli APAR dari sumber yang terpercaya dan memastikan bahwa APAR tersebut memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan.

Pentingnya memiliki APAR yang sesuai dan berfungsi dengan baik dalam mobil tidak bisa diabaikan. Kebakaran di dalam mobil dapat terjadi dengan cepat dan bisa sangat berbahaya. Oleh karena itu, penting bagi semua pemilik mobil untuk memastikan bahwa mereka memiliki APAR yang memenuhi standar keselamatan dan siap digunakan dalam situasi darurat.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya APAR yang sesuai, API juga berencana untuk meluncurkan kampanye publik untuk edukasi tentang penggunaan APAR yang benar dan pentingnya memeriksa dan merawat APAR yang ada di mobil. Mereka berharap bahwa kampanye ini akan mendorong lebih banyak orang untuk mengambil tindakan untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Dalam dunia yang semakin modern dan canggih, keselamatan harus tetap menjadi prioritas utama. Dengan memastikan bahwa APAR yang tersedia di mobil sesuai dengan standar keselamatan, kita dapat mengurangi risiko kebakaran dan melindungi nyawa dan harta benda kita.