Scroll untuk baca artikel
NasionalNews

Mimpi Besar Wantimpres: Menuju Dewan Pertimbangan Agung ala Zaman Orde Baru

20
×

Mimpi Besar Wantimpres: Menuju Dewan Pertimbangan Agung ala Zaman Orde Baru

Sebarkan artikel ini
Wantimpres Bakal Jadi Dewan Pertimbangan Agung Seperti Orde

Halosenja.com – Wantimpres atau Dewan Pertimbangan Presiden adalah salah satu lembaga di Indonesia yang memiliki peran penting dalam memberikan saran kepada Presiden dalam mengambil keputusan-keputusan penting. Wantimpres sendiri terbentuk berdasarkan Keppres No. 25 Tahun 2018 yang disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 18 Desember 2018.

Namun, belakangan ini muncul wacana yang cukup menarik terkait kemungkinan Wantimpres akan diubah menjadi Dewan Pertimbangan Agung seperti pada era Orde Baru. Hal ini disebabkan oleh pernyataan dari Menteri Sekretaris Negara, Pratikno yang menyebutkan bahwa pemerintah sedang meninjau ulang peran dan fungsi Wantimpres agar lebih efektif dalam memberikan saran kepada Presiden.

Menurut Pratikno, model Wantimpres saat ini sudah tidak relevan lagi dengan kondisi saat ini yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, diperlukan adanya perubahan struktur dan fungsi dari lembaga ini agar sesuai dengan tuntutan zaman yang semakin modern.

Berdasarkan rencana yang ada, Wantimpres kemungkinan akan diubah menjadi Dewan Pertimbangan Agung yang memiliki fungsi dan wewenang yang lebih luas dalam memberikan saran kepada Presiden. Mirip dengan Orde Baru, Dewan Pertimbangan Agung nantinya akan terdiri dari para tokoh berpengaruh dan berkompeten di berbagai bidang.

Menurut Pratikno, perubahan ini bertujuan untuk memperkuat peran Wantimpres dalam mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah saat ini. Dengan adanya Dewan Pertimbangan Agung, diharapkan Presiden dapat lebih mudah dalam mengambil keputusan yang tepat dan berdampak positif bagi bangsa dan negara.

Namun, rencana ini juga menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Beberapa pihak mendukung adanya perubahan tersebut, mengingat peran Wantimpres saat ini dinilai kurang efektif dalam mendukung kebijakan pemerintah. Sedangkan, ada juga yang meragukan keberhasilan perubahan ini mengingat masa lalu yang tidak begitu gemilang dari Dewan Pertimbangan Agung pada era Orde Baru.

Meskipun begitu, perubahan struktur Wantimpres menjadi Dewan Pertimbangan Agung nampaknya akan tetap dilakukan oleh pemerintah. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari lembaga ini dalam memberikan saran kepada Presiden.

Dewasa ini, tantangan yang dihadapi oleh pemerintah semakin kompleks dan membutuhkan pemikiran yang matang dan solusi yang tepat. Dengan adanya Dewan Pertimbangan Agung, diharapkan pemerintah bisa mendapat masukan yang lebih berkualitas dalam mengambil keputusan-keputusan penting yang berkaitan dengan kemajuan bangsa dan negara.

Saat ini, pemerintah sedang melakukan berbagai persiapan terkait perubahan struktur dan fungsi Wantimpres menjadi Dewan Pertimbangan Agung. Rencananya, akan ada revisi terhadap Keppres No. 25 Tahun 2018 yang mengatur tentang Wantimpres agar sesuai dengan peran baru dari lembaga tersebut.

Dengan adanya perubahan ini, diharapkan Wantimpres atau Dewan Pertimbangan Agung akan bisa menjadi lembaga yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung kebijakan pemerintah. Sehingga, Presiden dapat dengan lebih mudah dalam mengambil keputusan yang tepat demi kemajuan bangsa dan negara.

Kendati begitu, perjalanan panjang untuk merubah struktur dan fungsi Wantimpres menjadi Dewan Pertimbangan Agung nampaknya bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan kesiapan dari berbagai pihak terkait dalam menjalankan rencana ini agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Kesimpulannya, rencana perubahan Wantimpres menjadi Dewan Pertimbangan Agung merupakan langkah yang berani dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas dari lembaga ini dalam memberikan saran kepada Presiden. Di tengah kondisi negara yang semakin kompleks dan dinamis, diperlukan lembaga yang mampu memberikan masukan yang berkualitas bagi keberlangsungan pemerintahan.

Saat ini, masih perlu adanya perdebatan dan kajian lebih lanjut terkait rencana perubahan ini. Diharapkan, keputusan yang diambil oleh pemerintah nantinya dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa dan negara di masa yang akan datang.