Scroll untuk baca artikel
NasionalNews

Mendorong Inovasi: Telkom Berkomitmen dalam Perluasan Penggunaan AI di Indonesia

28
×

Mendorong Inovasi: Telkom Berkomitmen dalam Perluasan Penggunaan AI di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Komitmen Telkom Dorong Perluasan Penggunaan AI di Indonesia

Halosenja.com – Komitmen Telkom Dorong Perluasan Penggunaan AI di Indonesia

Telkom Indonesia, perusahaan telekomunikasi terkemuka di tanah air, telah secara resmi menyatakan komitmennya untuk mendorong perluasan penggunaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di Indonesia. Hal ini merupakan langkah yang penting dalam memajukan teknologi di Indonesia dan menjadikan negara ini sebagai salah satu pusat inovasi teknologi di Asia Tenggara.

AI sendiri merupakan teknologi yang mampu membuat komputer atau mesin untuk belajar dan beradaptasi seperti manusia. Dengan adanya AI, berbagai sektor kehidupan seperti industri, kesehatan, pendidikan, dan lainnya dapat mengalami transformasi yang signifikan. Telkom Indonesia menyadari potensi besar yang dimiliki oleh AI dan berencana untuk memanfaatkannya secara maksimal guna mendukung transformasi digital di Indonesia.

Menurut Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah, penggunaan AI dapat memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat, termasuk diantaranya peningkatan efisiensi, produktivitas, dan kualitas layanan. Telkom Indonesia telah berinvestasi besar-besaran dalam pengembangan dan implementasi teknologi AI di berbagai layanan mereka, termasuk diantaranya layanan pelanggan, jaringan, dan pengembangan produk teknologi.

Salah satu contoh penggunaan AI yang telah berhasil diimplementasikan oleh Telkom Indonesia adalah Jaringan Otomatis Berbasis AI (Autonomous Networks). Melalui teknologi ini, Telkom Indonesia mampu mengotomatisasi dan merancang ulang jaringan mereka secara otomatis untuk meningkatkan efisiensi serta mempercepat pelayanan kepada pelanggan. Dengan adanya Autonomous Networks, Telkom Indonesia dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Selain itu, Telkom Indonesia juga telah meluncurkan Layanan Pelanggan Berbasis AI yang memanfaatkan teknologi chatbot untuk memberikan layanan pelanggan secara otomatis dan efisien. Melalui chatbot ini, pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang produk dan layanan Telkom Indonesia dengan cepat dan tanpa perlu menunggu operator manusia.

Selain itu, Telkom Indonesia juga memperkenalkan Teknologi Pendeteksian Tren Konsumen Berbasis AI yang digunakan untuk menganalisis data pelanggan dan memprediksi tren konsumen di masa depan. Dengan adanya teknologi ini, Telkom Indonesia dapat mengantisipasi kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga dapat memberikan layanan yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Dorongan Telkom Indonesia untuk memperluas penggunaan AI di Indonesia juga sejalan dengan visi pemerintah untuk mendorong transformasi digital di Indonesia. Pemerintah telah menetapkan berbagai program dan kebijakan untuk mendukung perkembangan teknologi AI di Indonesia, termasuk diantaranya pembentukan Badan Ekonomi Kreatif dan Digital (BEKRAF) serta regulasi yang mendukung pengembangan teknologi AI di Indonesia.

Dengan komitmen Telkom Indonesia dan dukungan pemerintah, diharapkan penggunaan AI di Indonesia dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Transformasi digital yang didukung oleh teknologi AI dapat membawa Indonesia menjadi negara yang lebih maju dan inovatif di bidang teknologi di Asia Tenggara.

Melalui perluasan penggunaan AI di Indonesia, Telkom Indonesia tidak hanya berkomitmen untuk memajukan teknologi di negeri ini, tetapi juga ikut serta dalam membangun ekosistem teknologi yang terintegrasi dan berkelanjutan di Indonesia. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk perusahaan, pemerintah, dan masyarakat, diharapkan Indonesia dapat menjadi salah satu negara yang unggul dalam pemanfaatan teknologi AI di masa depan.