Scroll untuk baca artikel
InternasionalNews

Melawan Panas Ekstrem di Jepang: Pengalaman WNI yang Menjadi Kewalahan

34
×

Melawan Panas Ekstrem di Jepang: Pengalaman WNI yang Menjadi Kewalahan

Sebarkan artikel ini
Panas Ekstrem di Jepang Bikin WNI Kewalahan, Tak Bisa

Halosenja.com – Panas ekstrem di Jepang membuat warga negara Indonesia (WNI) kewalahan karena tidak terbiasa dengan suhu yang sangat tinggi. Sejak beberapa pekan terakhir, Jepang telah mengalami gelombang panas yang luar biasa, menyebabkan suhu mencapai lebih dari 40 derajat Celsius di beberapa wilayah.

WNI yang tinggal di Jepang merasakan dampak dari panas ekstrem ini. Mereka mengaku sulit untuk beradaptasi dan menjalani aktivitas sehari-hari karena cuaca yang begitu panas. Banyak dari mereka yang merasa kelelahan dan lelah karena suhu yang sangat tinggi, bahkan ada yang mengalami dehidrasi.

Salah seorang WNI yang tinggal di Tokyo, Yanti, mengungkapkan bahwa suhu yang tinggi membuatnya sulit untuk tidur di malam hari. “Suhu di malam hari juga sangat tinggi, sehingga sulit sekali untuk tidur. Saya terkadang bangun tengah malam karena kepanasan,” ucapnya.

Selain sulit tidur, WNI juga merasa kesulitan saat beraktivitas di luar rumah. Beberapa dari mereka mengaku merasa pusing dan lemah karena dehidrasi akibat terpapar sinar matahari langsung. Mereka pun berusaha untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan memperbanyak minum air agar tubuh tetap terhidrasi.

Sementara itu, pihak berwenang di Jepang juga memberikan himbauan kepada warga agar tetap waspada terhadap panas ekstrem yang sedang melanda negara tersebut. Mereka mengimbau agar warga menghindari berada di luar rumah pada siang hari dan mengenakan pakaian yang nyaman serta topi untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari.

Di beberapa wilayah, pemerintah Jepang bahkan memberlakukan peringatan cuaca panas ekstrem dan menghimbau agar masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah dan menggunakan AC untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Mereka juga menyediakan tempat penampungan dan air minum bagi warga yang membutuhkan bantuan.

Bagi WNI yang tinggal di Jepang, adaptasi terhadap cuaca yang ekstrem menjadi sebuah tantangan tersendiri. Mereka dituntut untuk lebih waspada dan menjaga kesehatan agar tidak terkena dampak buruk dari panas yang sangat tinggi. Meskipun sulit, namun mereka tetap berusaha untuk bertahan dan beradaptasi dengan kondisi cuaca yang tidak biasa bagi mereka.

Dampak panas ekstrem di Jepang tidak hanya dirasakan oleh WNI, namun juga oleh masyarakat lokal maupun turis asing lainnya. Banyak yang mengalami kelelahan dan dehidrasi akibat suhu yang begitu tinggi. Sebagai negara yang terkenal dengan musim panas yang panas, Jepang harus terus berupaya untuk mengurangi dampak buruk dari panas ekstrem ini agar tidak membahayakan kesehatan masyarakatnya.

Dengan adanya peringatan cuaca panas ekstrem, diharapkan masyarakat Jepang dan WNI yang tinggal di sana dapat lebih waspada dan menjaga kesehatan dengan baik. Penting untuk mengikuti petunjuk dari pihak berwenang dan mengambil langkah-langkah pencegahan agar terhindar dari dampak buruk akibat panas ekstrem yang sedang melanda. Semoga cuaca segera membaik dan suhu menjadi lebih stabil agar semua orang dapat tetap sehat dan nyaman menjalani aktivitas sehari-hari.