Scroll untuk baca artikel
InternasionalNews

Misteri Amuba Pemakan Otak: Serangan Mematikan di Israel

23
×

Misteri Amuba Pemakan Otak: Serangan Mematikan di Israel

Sebarkan artikel ini
Amuba Pemakan Otak Renggut Nyawa Warga Israel, Terserang

Halosenja.com – Amuba, parasit yang dikenal sebagai pemakan otak, telah menyerang seorang warga Israel dan mengakibatkan kematian tragis. Serangan ini membuat warga Israel panik dan mencari cara untuk melindungi diri dari ancaman yang tidak terlihat ini.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh otoritas kesehatan Israel, seorang pria berusia 45 tahun yang tinggal di daerah pinggiran kota Tel Aviv, tiba-tiba jatuh sakit dan mengalami gejala aneh seperti demam tinggi, kejang, dan kebingungan. Pria tersebut segera dibawa ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan perawatan medis, namun sayangnya kondisinya semakin memburuk dan akhirnya meninggal dunia setelah beberapa hari.

Setelah dilakukan pemeriksaan otak secara mendalam, dokter menemukan adanya parasit amuba yang menginfeksi dan menyebabkan kerusakan parah pada otak sang korban. Parasit ini dikenal sebagai Naegleria fowleri, yang biasa ditemukan di air tawar hangat dan bisa masuk ke otak melalui hidung saat mandi atau berenang.

Warga Israel pun dikejutkan dengan berita ini, karena jarang sekali kasus seperti ini terjadi di negara mereka. Beberapa orang mulai khawatir dan menghindari aktivitas berenang di danau atau kolam renang, sementara yang lain mencari informasi lebih lanjut tentang cara mencegah serangan amuba.

Menurut para ahli kesehatan, kasus serangan amuba memang sangat jarang terjadi, namun tetap perlu diwaspadai karena bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan cepat. Gejala awal yang biasanya muncul adalah sakit kepala, mual, dan kelelahan yang terus menerus. Jika tidak segera diobati, parasit ini bisa menyebabkan peradangan pada otak yang fatal.

Oleh karena itu, otoritas kesehatan Israel mengimbau warga untuk selalu menjaga kebersihan dan kebersihan diri, terutama saat berenang di air tawar. Selain itu, mereka juga menyarankan agar menggunakan penutup hidung saat berenang, untuk mencegah masuknya amuba ke dalam tubuh melalui hidung.

Serangan amuba pemakan otak bukanlah hal yang baru, namun banyak orang masih belum menyadari pentingnya menjaga kebersihan saat berenang di air tawar. Beberapa kasus serupa juga pernah terjadi di negara lain, seperti Amerika Serikat dan Australia, yang mengakibatkan korban jiwa yang tidak sedikit.

Sebagai upaya pencegahan, para ahli kesehatan juga menyarankan agar air kolam renang dan danau di Israel dijaga kebersihannya secara teratur, serta dilakukan tes kesehatan secara berkala untuk memastikan tidak adanya parasit berbahaya seperti amuba di dalamnya. Hal ini diharapkan dapat mencegah kasus serangan amuba yang mematikan di masa mendatang.

Meskipun serangan amuba pemakan otak masih dianggap sebagai kejadian yang jarang terjadi, namun warga Israel diingatkan untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk dari otoritas kesehatan untuk mencegah ancaman yang tidak terduga ini. Kesehatan dan keselamatan harus tetap menjadi prioritas utama, demi mencegah terjadinya tragedi serupa di masa depan.