Scroll untuk baca artikel
InternasionalNews

Yevgeny Prigozhin: The Enigmatic Mastermind Behind Russia’s Wagner Mercenary Army

117
×

Yevgeny Prigozhin: The Enigmatic Mastermind Behind Russia’s Wagner Mercenary Army

Sebarkan artikel ini
Profil Yevgeny Prigozhin, Bos Tentara Bayaran Wagner Rusia

Halosenja.com – Profil Yevgeny Prigozhin, Bos Tentara Bayaran Wagner Rusia

Yevgeny Prigozhin adalah seorang pengusaha Rusia yang dikenal sebagai bos Tentara Bayaran Wagner. Wagner Group adalah sebuah perusahaan militer swasta Rusia yang telah beroperasi di sejumlah konflik di seluruh dunia, termasuk di Suriah, Ukraina, dan Republik Afrika Tengah.

Prigozhin lahir pada tanggal 1 Juni 1961 di Leningrad, Uni Soviet. Awalnya, dia bekerja sebagai tukang roti di sebuah pabrik roti lokal sebelum akhirnya memulai karirnya di dunia bisnis. Dia mendirikan berbagai perusahaan termasuk perusahaan makanan dan restoran di Rusia.

Namun, Prigozhin lebih dikenal karena kaitannya dengan kegiatan militer swasta. Wagner Group, perusahaan yang dipimpinnya, telah menjadi sorotan internasional karena terlibat dalam konflik di berbagai negara. Pasukan bayaran Wagner dikatakan telah berpartisipasi dalam Pertempuran Deir ez-Zor di Suriah, Pertempuran Donetsk di Ukraina, dan konflik di Republik Afrika Tengah.

Prigozhin juga dikaitkan dengan kelompok troll Rusia yang dikenal sebagai Internet Research Agency (IRA). IRA diduga bertanggung jawab atas kampanye propaganda online yang bertujuan untuk mempengaruhi pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 2016. Kampanye ini melibatkan penyebaran konten palsu dan manipulasi opini publik melalui media sosial.

Pada tahun 2018, Prigozhin dan beberapa anggota Wagner Group dituduh oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat atas campur tangan dalam pemilihan presiden AS tahun 2016. Mereka dituduh mendanai kampanye propaganda dan melakukan serangan siber terhadap partai politik AS. Prigozhin sendiri dikenal sebagai “Koki Putin” karena pernah mengelola kantin-kantin di Rusia yang menyediakan makanan untuk Presiden Vladimir Putin.

Meskipun telah menjadi sorotan internasional dan dituduh melakukan kegiatan ilegal, Prigozhin sendiri jarang memberikan komentar kepada media. Dia sering dianggap sebagai sosok yang sangat tertutup dan jarang terlihat di depan umum.

Profil Yevgeny Prigozhin sebagai bos Tentara Bayaran Wagner Rusia merupakan salah satu dari banyak cerita unik di dunia militer swasta. Konflik di berbagai negara, keterlibatannya dalam kampanye propaganda, dan hubungannya dengan Presiden Putin merupakan fakta-fakta menarik yang mengelilingi sosok ini. Namun, banyak yang masih belum diketahui tentang Prigozhin dan peran sebenarnya dalam konflik dan kegiatan ilegal yang dituduhkan kepadanya.