Scroll untuk baca artikel
NasionalNews

Melangkah Setelah Sambangi SBY: Anies Siap Melanjutkan Sowan di Cikeas

197
×

Melangkah Setelah Sambangi SBY: Anies Siap Melanjutkan Sowan di Cikeas

Sebarkan artikel ini
Setelah Sambangi SBY di Cikeas, Anies Bakal Lanjutkan Sowan

Halosenja.com – Setelah Sambangi SBY di Cikeas, Anies Bakal Lanjutkan Sowan

Setelah melakukan kunjungan ke kediaman mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Jawa Barat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikabarkan akan melanjutkan kunjungannya ke tokoh-tokoh politik lainnya. Kunjungan ini diyakini sebagai upaya Anies untuk memperkuat hubungan politiknya dengan berbagai pihak.

Kunjungan Anies ke Cikeas pada hari Rabu (15/9/2021) merupakan kunjungan pertama setelah peristiwa politik kontroversial dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Pada saat itu, Anies yang saat itu masih menjadi cawagub DKI Jakarta berhasil mengalahkan petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam pemilihan yang sengit.

Kunjungan Anies ke kediaman SBY ini tentunya menarik perhatian publik. Pasalnya, Anies dan SBY merupakan tokoh-tokoh politik yang berasal dari partai politik yang berbeda. Anies berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sementara SBY adalah ketua umum Partai Demokrat. Kunjungan tersebut menjadi tanda-tanda bahwa Anies sedang membangun jaringan politik yang lebih luas.

Anies sendiri mengungkapkan bahwa kunjungannya ke Cikeas adalah sebagai bentuk silaturahmi dan dialog politik antara dua tokoh politik yang memiliki visi dan misi yang sama, yaitu membangun Jakarta yang lebih baik. Anies juga mengakui bahwa SBY merupakan salah satu tokoh politik yang memiliki pengalaman dan wawasan yang luas.

Selain itu, kunjungan Anies ke Cikeas juga disambut baik oleh SBY. SBY mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan langkah penting dalam upaya memperkuat persatuan dan kesatuan di antara para pemimpin bangsa. SBY juga mengapresiasi langkah Anies untuk melakukan kunjungan silaturahmi ke berbagai tokoh politik.

Setelah kunjungan ke Cikeas, Anies juga dikabarkan akan melanjutkan kunjungannya ke tokoh-tokoh politik lainnya, termasuk tokoh-tokoh yang berasal dari partai politik yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa Anies tidak memandang perbedaan partai politik sebagai penghalang dalam menjalin hubungan politik yang baik.

Kunjungan-kunjungan ini juga memiliki tujuan untuk memperkuat posisi politik Anies di tingkat nasional. Pasca kemenangan dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta, Anies semakin banyak diperbincangkan sebagai salah satu kandidat kuat dalam pemilihan Presiden 2024. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan berbagai tokoh politik, Anies diharapkan dapat memperluas basis dukungan politiknya.

Namun, kunjungan Anies ke berbagai tokoh politik ini juga menuai kritik dari beberapa pihak. Mereka berpendapat bahwa kunjungan Anies ke Cikeas dan kunjungan-kunjungan lainnya hanya sebagai strategi politik untuk memperkuat posisinya. Mereka menganggap bahwa Anies seharusnya lebih fokus pada penyelesaian masalah di Jakarta daripada melakukan kunjungan politik.

Meski demikian, kunjungan-kunjungan politik seperti ini merupakan hal yang umum dilakukan oleh para pemimpin politik di berbagai negara. Hal ini merupakan bagian dari diplomasi politik untuk memperkuat hubungan antara para pemimpin politik. Oleh karena itu, kunjungan Anies ke Cikeas dan kunjungan-kunjungan lainnya dapat dianggap sebagai langkah yang wajar dalam upaya memperluas jaringan politiknya.

Dalam beberapa tahun terakhir, politik Indonesia semakin kompleks dengan munculnya berbagai dinamika politik. Oleh karena itu, menjalin hubungan politik yang kuat dan memperluas jaringan politik menjadi hal yang sangat penting bagi para pemimpin politik. Dengan melakukan kunjungan-kunjungan seperti ini, diharapkan Anies dapat memperkuat posisinya dan memperoleh dukungan yang lebih luas dalam perjalanan politiknya.