Scroll untuk baca artikel
NasionalNews

Ini Dia Kejutan Tarif yang Bikin Melongo! Apoteker dan Tenaga Medis Jual Resep dengan Harga Jutaan Rupiah

181
×

Ini Dia Kejutan Tarif yang Bikin Melongo! Apoteker dan Tenaga Medis Jual Resep dengan Harga Jutaan Rupiah

Sebarkan artikel ini
Patok Tarif Jutaan Rupiah, Pegawai Apotek dan Nakes Jual Res...

Halosenja.com – Patok Tarif Jutaan Rupiah, Pegawai Apotek dan Nakes Jual Resep Dokter di Bawah Meja

Jakarta – Praktik patok tarif jutaan rupiah yang dilakukan oleh pegawai apotek dan tenaga kesehatan (nakes) dalam menjual resep dokter di bawah meja menjadi sorotan masyarakat. Praktik ini telah mengundang kecaman dari berbagai pihak yang menyayangkan tindakan tidak etis ini.

Patok tarif jutaan rupiah merupakan praktik yang dilakukan oleh para pegawai apotek dan nakes dengan menjual resep dokter yang seharusnya diberikan secara gratis kepada pasien. Tindakan ini dilakukan dengan cara menyembunyikan resep di bawah meja dan menawarkannya kepada pasien dengan harga yang jauh di atas harga sebenarnya.

Menurut beberapa sumber, praktik ini sudah berlangsung sejak lama dan melibatkan banyak pihak yang terlibat dalam rantai distribusi obat. Para pegawai apotek dan nakes yang terlibat dalam praktik ini dapat memperoleh keuntungan yang signifikan dengan menjual resep dokter tersebut.

Hal ini tentu saja sangat merugikan pasien yang seharusnya mendapatkan obat dengan harga yang wajar dan terjangkau. Pasien yang tidak mengetahui praktik ini seringkali membayar harga yang jauh lebih mahal dari seharusnya dan tidak mendapatkan manfaat yang seharusnya mereka dapatkan dari obat tersebut.

Ketua Asosiasi Apoteker Indonesia, Tjandra Yoga Aditama, mengatakan bahwa praktik ini merupakan bentuk pelanggaran etika yang harus segera ditindaklanjuti. Ia menyayangkan tindakan tidak bertanggung jawab dari sejumlah pegawai apotek dan nakes yang memanfaatkan posisi mereka untuk mencari keuntungan pribadi.

Dalam upaya memberantas praktik ini, pihak berwenang sudah melakukan investigasi dan menemukan bukti yang cukup untuk menindak para pelaku. Beberapa pegawai apotek dan nakes yang terbukti terlibat dalam praktik ini telah diberikan sanksi tegas, seperti pemecatan atau pencabutan izin praktik.

Namun, upaya memberantas praktik ini tidaklah mudah mengingat keterlibatan banyak pihak dalam rantai distribusi obat. Selain itu, masih banyak pegawai apotek dan nakes yang terlibat dalam praktik ini dan belum terungkap.

Masyarakat diharapkan lebih waspada terhadap praktik patok tarif jutaan rupiah ini. Ketika membeli obat, pastikan untuk meminta struk pembelian yang mencantumkan barang yang dibeli beserta harganya. Jika merasa dirugikan, segera laporkan ke pihak berwenang atau asosiasi apoteker setempat.

Pemerintah juga diharapkan terus meningkatkan pengawasan terhadap praktik patok tarif jutaan rupiah ini. Langkah-langkah tegas harus diambil untuk memberantas praktik ini dan menghukum para pelaku yang telah merugikan banyak orang.

Praktik patok tarif jutaan rupiah ini tidak hanya merugikan pasien, tetapi juga merusak citra profesi apoteker dan nakes secara keseluruhan. Penting bagi semua pihak terlibat untuk menjunjung tinggi etika dan integritas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dalam menghadapi tantangan ini, dukungan dari masyarakat sangat penting. Dengan melaporkan praktik-praktik yang merugikan ini, kita dapat memberikan tekanan kepada pihak berwenang untuk bertindak lebih tegas dan memastikan bahwa pasien mendapatkan obat dengan harga yang wajar dan terjangkau.