Scroll untuk baca artikel
NasionalNews

Megawati Minta Jokowi Bubarkan, Mahfud MD Beri Pendapatnya dengan Cermat dan Bijaksana

173
×

Megawati Minta Jokowi Bubarkan, Mahfud MD Beri Pendapatnya dengan Cermat dan Bijaksana

Sebarkan artikel ini
Mahfud MD Ogah Tanggapi Megawati yang Minta Jokowi Bubarkan ...

Halosenja.com – Mahfud MD Ogah Tanggapi Megawati yang Minta Jokowi Bubarkan …

Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, mengaku tidak ingin mengomentari pernyataan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, yang meminta Presiden Joko Widodo untuk membubarkan ormas-ormas yang dinilai bertentangan dengan ideologi Pancasila. Menurut Mahfud, hal tersebut merupakan prerogatif pemerintah dan tidak perlu dibahas lebih lanjut.

Pernyataan Megawati tersebut disampaikan dalam acara peringatan hari ulang tahun PDIP ke-48 di Jakarta Convention Center (JCC) pada Senin (10/1). Megawati menegaskan bahwa ormas-ormas yang berseberangan dengan Pancasila harus dibubarkan untuk menjaga keutuhan dan eksistensi negara.

Namun, Mahfud yang juga merupakan Ketua Tim Hukum Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019, menilai bahwa pernyataan tersebut lebih cocok disampaikan oleh pemerintah daripada oleh seorang ketua partai politik. Menurutnya, pemerintah memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan terhadap ormas-ormas yang dianggap melanggar hukum atau bertentangan dengan ideologi Pancasila.

Mahfud menambahkan bahwa sebagai negara hukum, tindakan pemerintah harus didasarkan pada hukum yang berlaku dan tidak dapat semata-mata ditentukan oleh keinginan seorang individu atau sekelompok orang. Oleh karena itu, pernyataan Megawati lebih baik disampaikan dalam forum-forum yang lebih tepat, seperti sidang parlemen atau pertemuan dengan pemerintah.

Sebagai seorang politisi yang berpengalaman, Mahfud juga menekankan pentingnya menjaga keberagaman dan kebebasan berpendapat dalam berdemokrasi. Menurutnya, tindakan membubarkan ormas-ormas yang berbeda pendapat dengan pemerintah bisa menimbulkan polemik dan konflik yang lebih besar.

Sebagai contoh, Mahfud mengingatkan bahwa dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, banyak ormas-ormas yang berperan penting dalam perjuangan tersebut. Banyak ormas yang pada awalnya dianggap bertentangan dengan pemerintah kolonial, tetapi kemudian menjadi bagian integral dari bangsa Indonesia.

Dalam konteks ini, Mahfud mengingatkan bahwa penting bagi pemerintah untuk tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan yang bisa berdampak jangka panjang. Lebih baik melakukan pendekatan dialog dan persuasif terlebih dahulu sebelum memutuskan tindakan yang drastis seperti membubarkan ormas-ormas.

Terakhir, Mahfud menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Menurutnya, hal tersebut menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah atau satu individu saja. Oleh karena itu, semua pihak perlu bekerja sama untuk menyelesaikan perbedaan pendapat dengan cara yang lebih konstruktif, tanpa harus mengambil langkah-langkah yang bisa memecah belah bangsa.

Dalam kesimpulan, Mahfud MD menolak untuk memberikan tanggapan terhadap pernyataan Megawati yang meminta Jokowi membubarkan ormas-ormas yang dianggap bertentangan dengan Pancasila. Menurutnya, hal tersebut merupakan kewenangan pemerintah dan tidak perlu dibahas lebih lanjut. Mahfud juga menekankan pentingnya menjaga keberagaman dan kebebasan berpendapat dalam berdemokrasi, serta pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.