Scroll untuk baca artikel
NasionalNews

Kapolri Menyatukan Kekuatan untuk Melawan Kejahatan Transnasional: Teken MoU dengan Jaringan Internasional

134
×

Kapolri Menyatukan Kekuatan untuk Melawan Kejahatan Transnasional: Teken MoU dengan Jaringan Internasional

Sebarkan artikel ini
Kapolri Teken MoU Penanganan Kejahatan Transnasional dengan ...

Halosenja.com – Kementerian Luar Negeri Singapura

Kapolri Teken MoU Penanganan Kejahatan Transnasional dengan Kementerian Luar Negeri Singapura

Jakarta, 15 September 2021 – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo hari ini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Luar Negeri Singapura untuk meningkatkan kerja sama dalam penanganan kejahatan transnasional. Penandatanganan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara kedua negara dalam pertukaran informasi kejahatan, penegakan hukum, dan pengembangan kapasitas.

Dalam sambutannya, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa penandatanganan MoU ini merupakan langkah penting dalam upaya bersama untuk melawan kejahatan transnasional yang semakin kompleks. “Kerjasama dengan Singapura sangat penting karena mereka memiliki teknologi dan keahlian yang tinggi dalam bidang penegakan hukum,” ujarnya.

MoU ini mencakup berbagai bidang penanganan kejahatan transnasional, termasuk perdagangan manusia, narkoba, kejahatan finansial, dan terorisme. Keduanya sepakat untuk meningkatkan pertukaran informasi intelijen dan data kejahatan guna mempercepat penyelidikan dan penangkapan pelaku kejahatan.

Selain itu, MoU ini juga berfokus pada pengembangan kapasitas dan pelatihan personel penegak hukum. Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyebutkan bahwa pelatihan bersama dengan Singapura akan membantu meningkatkan kemampuan polisi Indonesia dalam menghadapi tantangan kejahatan transnasional yang semakin canggih.

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, menyambut baik penandatanganan MoU ini dan menyatakan komitmen Singapura dalam mendukung Indonesia dalam upaya melawan kejahatan transnasional. “Kami akan terus bekerja sama dengan Indonesia dalam upaya bersama untuk menjaga keamanan dan stabilitas kedua negara,” ujarnya.

Indonesia dan Singapura memiliki sejarah kerja sama yang kuat dalam berbagai bidang, termasuk keamanan dan penegakan hukum. MoU ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama yang sudah ada dan membawa manfaat bagi kedua negara dalam upaya melawan kejahatan transnasional.

Penandatanganan MoU ini juga menjadi bukti nyata komitmen pemerintah Indonesia dalam melawan kejahatan transnasional. Kapolri Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa penegakan hukum yang efektif dan kerja sama internasional yang kuat merupakan kunci utama dalam memerangi kejahatan transnasional.

Dengan penandatanganan MoU ini, diharapkan kerja sama antara Indonesia dan Singapura dalam penanganan kejahatan transnasional dapat semakin diperkuat dan memberikan dampak positif dalam upaya menjaga keamanan dan stabilitas kawasan.