Scroll untuk baca artikel
NasionalNews

Perang Melawan Polusi: DPRD Tantang Dinas LH DKI Jakarta Menindak Tegas Pabrik yang Mengotori Ibukota

141
×

Perang Melawan Polusi: DPRD Tantang Dinas LH DKI Jakarta Menindak Tegas Pabrik yang Mengotori Ibukota

Sebarkan artikel ini
Polusi Udara Kian Buruk, Mulai Hari Ini 50% PNS DKI Jakarta ...

Halosenja.com – melanggar izin lingkungan.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta menantang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menindak tegas pabrik-pabrik yang melanggar izin lingkungan. Hal ini dilakukan setelah adanya laporan masyarakat mengenai beberapa pabrik yang diduga menyalahi aturan lingkungan di sejumlah wilayah di Jakarta.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Syarifudin, menegaskan bahwa pabrik-pabrik yang melanggar izin lingkungan harus segera ditindak tegas. Menurutnya, tidak ada alasan bagi pabrik-pabrik tersebut untuk bisa terus beroperasi jika mereka tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

DLH DKI Jakarta sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam mengawasi dan mengendalikan lingkungan hidup di Ibukota, diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Syarifudin mengungkapkan bahwa DPRD akan terus memantau dan memastikan bahwa DLH tidak ada pembiaran terhadap pabrik-pabrik yang melanggar aturan lingkungan.

Beberapa pabrik yang dilaporkan oleh masyarakat mengalami pelanggaran izin lingkungan antara lain penyalahgunaan limbah, polusi udara, dan pencemaran air. Pabrik-pabrik tersebut dinilai telah memberikan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat sekitar dan juga merusak lingkungan sekitarnya.

Dalam menangani kasus-kasus ini, DPRD DKI Jakarta meminta DLH untuk melakukan inspeksi mendalam terhadap pabrik-pabrik yang dilaporkan. Jika terbukti melanggar, maka pabrik-pabrik tersebut harus segera diberikan sanksi yang tegas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, DPRD juga mendorong DLH untuk lebih gencar melakukan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan hidup kepada masyarakat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Menanggapi tantangan dari DPRD DKI Jakarta, Kepala DLH DKI Jakarta, Indriyanto Nugroho, menyatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan penindakan terhadap pabrik-pabrik yang melanggar izin lingkungan. Indriyanto juga menambahkan bahwa DLH akan bekerja sama dengan instansi terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, untuk memastikan bahwa pabrik-pabrik tersebut mematuhi peraturan yang ada.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berharap dengan adanya tindakan tegas terhadap pabrik-pabrik yang melanggar izin lingkungan, akan memberikan efek jera bagi pabrik-pabrik lainnya untuk tidak mengulangi pelanggaran yang sama. Selain itu, dengan menjaga kelestarian lingkungan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jakarta secara keseluruhan.

DPRD DKI Jakarta berkomitmen untuk terus memantau dan mengawasi penindakan terhadap pabrik-pabrik yang melanggar izin lingkungan. Masyarakat diharapkan juga dapat berperan aktif dalam melaporkan adanya pelanggaran lingkungan yang mereka temui. Dengan kerjasama antara DPRD, DLH, dan masyarakat, diharapkan Jakarta dapat menjadi kota yang lebih bersih dan sehat.