Scroll untuk baca artikel
LifestyleMale

Menggetarkan Nada dan Menginspirasi Jutaan Pendengar

158
×

Menggetarkan Nada dan Menginspirasi Jutaan Pendengar

Sebarkan artikel ini
Biodata dan Profil Rhoma Irama: Sosok Raja Dangdut yang

Halosenja.com – Menginspirasi Jutaan Penyuka Musik

Rhoma Irama merupakan sosok legendaris dalam dunia musik dangdut di Indonesia. Lahir pada 11 Desember 1946 di Tasikmalaya, Jawa Barat, Rhoma Irama dikenal sebagai Raja Dangdut yang telah menginspirasi jutaan penyuka musik di tanah air. Biodata dan profilnya yang unik menjadikan dirinya sebagai salah satu ikon musik terbesar dalam sejarah Indonesia.

Rhoma Irama, yang memiliki nama asli Raden Haji Oma Irama, merupakan anak keempat dari sepuluh bersaudara. Ayahnya bernama Burdah Suhendar, seorang penjual tahu. Sedangkan ibunya bernama R.Hj. Tuti Juariah. Rhoma Irama tumbuh dalam lingkungan keluarga yang sederhana, namun memiliki bakat musik yang luar biasa sejak kecil.

Sejak usia muda, Rhoma Irama telah menunjukkan minatnya dalam dunia musik. Ia sering mengikuti pertunjukan musik di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Bakatnya yang menonjol membuatnya sering diminta untuk tampil di berbagai acara musik di sekitar Tasikmalaya.

Pada tahun 1963, Rhoma Irama pindah ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 6 Jakarta. Di ibu kota, ia semakin terjun ke dunia musik dan bergabung dengan berbagai grup musik. Pada saat itu, ia mulai menciptakan lagu-lagu sendiri dan merilis beberapa singel.

Namun, kepopuleran Rhoma Irama baru benar-benar melejit pada tahun 1973. Ia membentuk grup musik Soneta yang kemudian menjadi salah satu grup musik dangdut paling terkenal di Indonesia. Dengan suara khasnya dan lagu-lagu yang berisi pesan moral dan sosial, Rhoma Irama berhasil mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.

Bukan hanya sebagai seorang penyanyi, Rhoma Irama juga dikenal sebagai aktor dalam berbagai film layar lebar. Ia sering berperan sebagai tokoh utama dalam film-film yang mengangkat tema-tema sosial. Pada tahun 1975, ia bahkan mendapatkan penghargaan Aktor Terbaik dalam Festival Film Indonesia untuk perannya dalam film “Gitar Tua”.

Selain itu, Rhoma Irama juga aktif dalam dunia politik. Pada tahun 2002, ia mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden dalam Pemilihan Umum Presiden Indonesia. Meskipun tidak berhasil meraih jabatan tersebut, namun ia tetap berkontribusi dalam dunia politik dengan mengusung isu-isu kehidupan masyarakat.

Rhoma Irama, selain dikenal dengan suara emasnya, juga dikenal dengan penampilannya yang khas. Ia sering menggunakan pakaian bergaya Arab dengan sorban di kepalanya. Penampilannya yang unik ini semakin memperkuat citranya sebagai sosok Raja Dangdut.

Karir musik Rhoma Irama telah menghasilkan banyak lagu dan album yang sukses. Beberapa lagu hitsnya antara lain “Darah Muda”, “Begadang”, dan “Lari Pagi”. Ia juga telah merilis lebih dari 100 album dalam karirnya yang berlangsung selama puluhan tahun.

Kesuksesan Rhoma Irama dalam dunia musik dangdut tidak hanya terbatas di Indonesia, namun juga merambah pasar internasional. Ia pernah tampil di berbagai negara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan Arab Saudi. Penyuka musik dangdut dari berbagai negara juga mengakui pengaruh besar Rhoma Irama dalam musik mereka.

Rhoma Irama merupakan sosok yang menginspirasi jutaan penyuka musik di Indonesia. Lagu-lagu dan pesan moral yang terkandung dalam karya-karyanya telah menyentuh banyak hati dan menjadikan dirinya sebagai salah satu legenda dalam industri musik dangdut. Biodata dan profilnya yang unik semakin menguatkan posisinya sebagai sosok Raja Dangdut yang tidak tergantikan.