Scroll untuk baca artikel
BisnisKeuangan

Menuju Masa Depan: KEN 2024 Gandeng UMKM dalam Festival Gunung Slamet

25
×

Menuju Masa Depan: KEN 2024 Gandeng UMKM dalam Festival Gunung Slamet

Sebarkan artikel ini
Masuk KEN 2024, Festival Gunung Slamet Hadirkan Produk UMKM

Halosenja.com – Kebumen, Jawa Tengah – Masuk KEN 2024 menjadi salah satu momen penting bagi Kabupaten Kebumen. Sebagai salah satu destinasi pariwisata yang populer, Kabupaten Kebumen terus berusaha untuk meningkatkan potensinya sebagai tujuan wisata yang menarik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan Festival Gunung Slamet yang telah berhasil menarik perhatian banyak orang.

Festival Gunung Slamet merupakan acara tahunan yang diadakan di kaki Gunung Slamet, salah satu gunung tertinggi di pulau Jawa. Acara ini merupakan rangkaian dari peringatan Masuk KEN 2024, yang merupakan singkatan dari Masuk Kawasan Ekonomi Nusantara 2024. Acara ini diadakan untuk mempromosikan produk-produk unggulan dari UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kabupaten Kebumen.

Dalam acara Festival Gunung Slamet tahun ini, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan menarik, termasuk pameran produk UMKM, lomba kuliner tradisional, pertunjukan seni budaya, dan konser musik. Dengan menghadirkan berbagai produk unik dan kreatif dari UMKM lokal, acara ini diharapkan dapat memberikan dukungan kepada para pelaku usaha kecil untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Salah satu peserta pameran yang turut serta dalam acara Festival Gunung Slamet adalah Sari Ayu, seorang pengusaha kerajinan tangan dari desa Sukalilah, Kebumen. Dengan berbagai produk kreatif seperti gelang cantik dari manik-manik dan tas rajut, Sari Ayu berhasil menarik perhatian pengunjung Festival Gunung Slamet. “Saya senang bisa ikut serta dalam acara ini dan mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan produk saya kepada masyarakat,” ujar Sari Ayu.

Tak hanya itu, acara ini juga menjadi ajang untuk mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kebumen kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan keberadaan Gunung Slamet yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, Kabupaten Kebumen diharapkan dapat menjadi destinasi favorit bagi para pecinta alam dan petualang.

Selain itu, dengan menghadirkan produk-produk UMKM lokal, Kabupaten Kebumen juga berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Dengan memberdayakan para pelaku usaha kecil, diharapkan dapat memperkuat ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Kebumen.

Acara Festival Gunung Slamet tahun ini mendapat respon positif dari para pengunjung maupun peserta pameran. Mereka menilai acara ini sebagai langkah yang tepat dalam mendukung pengembangan potensi pariwisata dan ekonomi Kabupaten Kebumen. “Saya sangat senang bisa menikmati acara ini dan melihat berbagai produk unik dari UMKM lokal. Semoga acara seperti ini dapat terus diadakan dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kebumen,” ujar Rani, salah satu pengunjung.

Dengan keberhasilan Festival Gunung Slamet tahun ini, diharapkan Kabupaten Kebumen dapat terus berkembang sebagai destinasi pariwisata yang menarik dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian daerah. Dukungan dari masyarakat dan pemerintah setempat diharapkan dapat terus menguatkan keberlangsungan acara-acara serupa di masa mendatang. Semoga acara Festival Gunung Slamet dapat terus menjadi salah satu ajang yang mempromosikan potensi dan keberagaman produk UMKM lokal Kabupaten Kebumen.