Scroll untuk baca artikel
BisnisKeuangan

Inovasi Bersinar di Pedesaan: Pertamina Internasional Meluncurkan Program Desa Energi

130
×

Inovasi Bersinar di Pedesaan: Pertamina Internasional Meluncurkan Program Desa Energi

Sebarkan artikel ini
Kilang Pertamina Internasional Resmikan Program Desa Energi

Halosenja.com – Kilang Pertamina Internasional Resmikan Program Desa Energi

Jakarta, 2 Maret 2022 – Kilang Pertamina Internasional (PT Kilang) hari ini resmi meluncurkan Program Desa Energi sebagai bagian dari inisiatif perusahaan untuk memperluas akses energi di wilayah pedesaan di Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di pedesaan melalui penyediaan sumber energi yang terjangkau dan ramah lingkungan.

Dalam acara peresmian yang dihadiri oleh perwakilan pemerintah, masyarakat, dan mitra kerja, Direktur Utama PT Kilang, Bambang Soemarno, menjelaskan tujuan dari Program Desa Energi. “Kami berkomitmen untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di pedesaan melalui akses yang lebih baik terhadap energi yang terjangkau dan ramah lingkungan. Program ini juga merupakan bentuk kontribusi kami dalam mendukung pemerintah dalam mencapai target energi terbarukan di Indonesia,” ujar Bambang.

Program Desa Energi akan melibatkan sejumlah desa di seluruh Indonesia, dengan fokus pada provinsi yang memiliki akses terbatas terhadap energi. PT Kilang akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan mitra lokal untuk membangun infrastruktur energi terbarukan, seperti pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga air. Selain itu, program ini juga akan memberikan pelatihan kepada masyarakat setempat untuk mengelola dan memelihara infrastruktur energi yang ada.

Salah satu contoh dari Program Desa Energi adalah di Desa Binaan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. PT Kilang telah membangun pembangkit listrik tenaga surya yang akan mampu menyuplai energi ke 500 rumah di desa tersebut. Dalam waktu dekat, PT Kilang juga berencana untuk membangun sumur pompa tenaga surya yang akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

Masyarakat Desa Binaan merasa sangat terbantu dengan adanya Program Desa Energi ini. “Sebelumnya, kami sering mengalami pemadaman listrik dan sulit mendapatkan air bersih. Dengan adanya pembangkit listrik tenaga surya dan sumur pompa tenaga surya, kualitas hidup kami meningkat secara signifikan,” ujar salah satu warga desa.

Selain membangun infrastruktur energi terbarukan, PT Kilang juga akan mengedukasi masyarakat desa tentang pentingnya penggunaan energi terbarukan dan efisiensi energi. Program ini akan melibatkan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat desa tentang pengelolaan energi yang baik dan hemat.

Dalam beberapa tahun ke depan, PT Kilang berencana untuk memperluas Program Desa Energi ke lebih banyak desa di seluruh Indonesia. Perusahaan juga akan terus berinovasi dalam pengembangan teknologi energi terbarukan untuk meningkatkan keberlanjutan program ini.

Program Desa Energi telah mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pemerintah dan masyarakat. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif, menyambut baik inisiatif PT Kilang dalam meningkatkan akses energi di wilayah pedesaan. “Program Desa Energi ini sangat sejalan dengan visi pemerintah untuk mencapai energi terbarukan yang berkesinambungan. Kami berharap program ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk berkontribusi dalam mewujudkan akses energi yang merata di Indonesia,” ujar Arifin.

Dengan diluncurkannya Program Desa Energi, PT Kilang berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat di pedesaan. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya serta menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk mengadopsi inisiatif serupa.