Scroll untuk baca artikel
BisnisKeuangan

Jokowi Takes a Joyride: Riding in Style on TNI’s 78th Anniversary with the Ultimate Tank Experience

161
×

Jokowi Takes a Joyride: Riding in Style on TNI’s 78th Anniversary with the Ultimate Tank Experience

Sebarkan artikel ini
Jenis Tank yang Dinaiki Jokowi Pada HUT Ke-78 TNI, Buatan

Halosenja.com – Pada peringatan HUT ke-78 TNI yang digelar pada tanggal 5 Oktober 2023, Presiden Joko Widodo menjadi sorotan publik karena memilih untuk naik tank yang unik dan belum pernah digunakan sebelumnya. Tank ini merupakan hasil karya anak bangsa yang menunjukkan kemajuan dalam industri pertahanan Indonesia.

Tank yang dinaiki oleh Presiden Jokowi pada perayaan HUT TNI ini diberi nama “Bhakti”. Bhakti merupakan singkatan dari “Berkarya dan Berprestasi untuk Negara dan Tanah Air Indonesia”. Tank ini dikembangkan oleh PT. Pertahanan Indonesia (Persero), sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertahanan dan keamanan.

Bhakti adalah sebuah tank kelas berat dengan berat sekitar 60 ton. Desainnya yang futuristik menggabungkan kekuatan dan kecepatan yang luar biasa. Tank ini dilengkapi dengan teknologi canggih seperti sistem komputerisasi yang memungkinkan pengendaliannya menjadi lebih mudah dan akurat.

Salah satu fitur unik dari tank Bhakti adalah sistem persenjataannya. Tank ini dilengkapi dengan meriam utama kaliber 120 mm yang mampu menembakkan berbagai jenis amunisi, termasuk peluru kendali anti-tank. Selain itu, Bhakti juga dilengkapi dengan senjata sekunder seperti senapan mesin dan peluncur granat.

Tank Bhakti juga dilengkapi dengan perlindungan tingkat tinggi. Material komposit yang digunakan pada tubuh tank ini mampu menahan serangan dari berbagai jenis senjata seperti peluru kendali dan ranjau. Selain itu, sistem proteksi aktif juga dipasang pada tank Bhakti untuk menghadapi ancaman serangan rudal.

Selain performa yang luar biasa, tank Bhakti juga memiliki desain yang estetis. Tank ini dilengkapi dengan lapisan pelindung yang diberi warna merah dan putih, yang merupakan warna bendera Indonesia. Desain ini memberikan kesan gagah dan berwibawa pada tank Bhakti.

Kehadiran tank Bhakti pada perayaan HUT ke-78 TNI ini menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam industri pertahanan Indonesia. Tank ini menjadi bukti bahwa Indonesia mampu menghasilkan produk-produk berkualitas yang dapat diandalkan dalam menjaga keamanan negara.

Pemerintah Indonesia juga berharap bahwa tank Bhakti dapat menjadi salah satu produk unggulan dalam ekspor industri pertahanan. Dengan kualitas dan performa yang dimiliki, tank Bhakti memiliki potensi untuk menarik minat dari negara-negara lain yang membutuhkan sistem pertahanan yang handal.

Dalam pidatonya pada perayaan HUT ke-78 TNI, Presiden Jokowi mengungkapkan kebanggaannya terhadap tank Bhakti. Ia berharap bahwa tank ini dapat menjadi simbol kekuatan dan kemajuan Indonesia dalam industri pertahanan. Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya dukungan dan kerjasama dari semua pihak untuk terus mengembangkan industri pertahanan Indonesia.

Dengan adanya tank Bhakti yang dinaiki oleh Presiden Jokowi, peringatan HUT ke-78 TNI tahun ini menjadi lebih meriah dan memberikan harapan baru bagi kemajuan industri pertahanan Indonesia. Tank ini tidak hanya menjadi simbol kekuatan, tetapi juga menunjukkan bahwa Indonesia mampu bersaing dalam industri pertahanan global.