Scroll untuk baca artikel
BisnisMakro

Sandiaga Uno Mengejutkan dengan Dukung Tiktok Shop, Tapi Pedagang Pasar Merasa Dikhianati

202
×

Sandiaga Uno Mengejutkan dengan Dukung Tiktok Shop, Tapi Pedagang Pasar Merasa Dikhianati

Sebarkan artikel ini
Sandiaga Uno Dukung Tiktok Shop, Pedagang Pasar Kecewa: Dia

Halosenja.com – Pada hari Rabu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengumumkan dukungannya terhadap Tiktok Shop, sebuah platform e-commerce yang berbasis di media sosial Tiktok. Namun, dukungan ini tidak diterima dengan baik oleh para pedagang pasar tradisional di Jakarta. Mereka merasa kecewa dan merasa bahwa dukungan ini akan semakin mengancam keberlangsungan usaha mereka.

Tiktok Shop adalah sebuah fitur di dalam aplikasi Tiktok yang memungkinkan pengguna untuk menjual produk atau jasa mereka secara online. Fitur ini telah menjadi populer di kalangan anak muda, terutama di kalangan remaja. Dengan adanya Tiktok Shop, pengguna dapat dengan mudah membeli barang-barang yang mereka inginkan, tanpa harus keluar rumah.

Namun, para pedagang pasar tradisional merasa bahwa Tiktok Shop merupakan ancaman bagi usaha mereka. Mereka khawatir bahwa dengan adanya platform ini, konsumen akan beralih untuk berbelanja secara online, dan tidak lagi membeli barang-barang di pasar tradisional. Padahal, pasar tradisional adalah sumber penghasilan utama bagi banyak pedagang di Jakarta.

Para pedagang juga merasa bahwa mereka tidak memiliki kemampuan atau pengetahuan yang cukup untuk berjualan secara online. Mereka tidak memiliki akses ke internet yang stabil atau strategi pemasaran yang efektif. Dalam kondisi pandemi saat ini, banyak pedagang yang sudah kesulitan untuk bertahan, dan dukungan terhadap Tiktok Shop hanya membuat situasi mereka semakin sulit.

Beberapa pedagang juga mengkritik Sandiaga Uno karena dianggap tidak memahami kebutuhan dan perjuangan para pedagang pasar tradisional. Mereka merasa bahwa dukungan yang diberikan oleh Wakil Gubernur seharusnya lebih fokus pada upaya untuk memperbaiki infrastruktur dan meningkatkan fasilitas di pasar tradisional, sehingga pedagang dapat bersaing dengan platform e-commerce yang semakin berkembang.

Namun, Sandiaga Uno mempertahankan pendiriannya bahwa Tiktok Shop dapat menjadi peluang besar bagi para pedagang pasar tradisional. Menurutnya, dengan menggunakan Tiktok Shop, pedagang dapat menjangkau pasar yang lebih luas, terutama di kalangan anak muda yang merupakan pengguna aktif Tiktok. Ia juga menekankan pentingnya para pedagang untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren konsumen saat ini.

Dalam menghadapi kekecewaan dari pedagang pasar tradisional, Sandiaga Uno berjanji akan terus mendengarkan keluhan dan masukan dari mereka. Ia juga akan berusaha untuk mencari solusi yang adil bagi semua pihak, sehingga pedagang pasar tradisional tetap dapat bertahan dan bersaing di era digital.

Sementara itu, para pedagang pasar tradisional di Jakarta tetap berharap agar pemerintah dapat memberikan dukungan yang lebih konkret dan nyata bagi usaha mereka. Mereka menginginkan adanya bantuan dalam bentuk pelatihan digital, akses ke internet yang murah dan stabil, serta strategi pemasaran yang efektif. Dengan adanya dukungan seperti ini, mereka berharap dapat terus bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat di dunia bisnis saat ini.