Scroll untuk baca artikel
BisnisKeuangan

Inovasi Energi: Pertamina Mengangkat 10 UKM Menuju Puncak Pasar Ekspor

123
×

Inovasi Energi: Pertamina Mengangkat 10 UKM Menuju Puncak Pasar Ekspor

Sebarkan artikel ini
Dorong UMKM Tembus Pasar Ekspor, Pertamina Promosikan 10 UKM

Halosenja.com – Dalam upaya untuk mendorong pertumbuhan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, Pertamina telah meluncurkan program baru yang bertujuan untuk mempromosikan 10 UMKM agar dapat menembus pasar ekspor.

Program ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina untuk mendukung sektor UMKM di Indonesia, yang dianggap sebagai tulang punggung ekonomi negara. Dengan memperluas jangkauan pasar bagi UMKM, diharapkan dapat memberikan peluang yang lebih besar bagi mereka untuk berkembang dan bersaing di tingkat internasional.

Melalui program ini, Pertamina memilih 10 UMKM terbaik yang memiliki potensi besar untuk sukses di pasar ekspor. UMKM yang terpilih akan menerima bantuan dari Pertamina dalam bentuk pelatihan, pemasaran, dan promosi produk mereka di pasar internasional.

Selain itu, Pertamina juga akan membantu UMKM dalam mengatasi hambatan dan tantangan yang sering dihadapi oleh mereka dalam memasuki pasar ekspor. Dalam hal ini, Pertamina akan bekerja sama dengan instansi terkait dan mitra bisnis untuk memberikan dukungan yang diperlukan, seperti bantuan dalam pengurusan perizinan, permodalan, dan pengembangan produk.

Menurut Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, program ini merupakan langkah konkret Pertamina dalam mendukung pemerintah dalam mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia. “Kami percaya bahwa UMKM memiliki potensi besar untuk menjadi motor penggerak ekonomi negara. Melalui program ini, kami ingin membantu UMKM agar dapat bersaing di pasar global dan meningkatkan daya saing mereka,” ujarnya.

Pertamina juga berencana untuk membuka akses pasar internasional bagi UMKM melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan asing. Dalam hal ini, Pertamina akan memfasilitasi pertemuan antara UMKM dengan mitra bisnis potensial untuk menjajaki peluang kerjasama dalam bentuk distribusi produk, kemitraan, atau investasi.

Diharapkan, program ini dapat membantu UMKM untuk memperluas jaringan bisnis mereka, meningkatkan kualitas produk, dan meningkatkan daya saing di pasar global. Selain itu, diharapkan juga dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pertamina berharap bahwa program ini dapat menjadi model bagi perusahaan-perusahaan lain untuk memberikan dukungan kepada sektor UMKM di Indonesia. Dengan bersama-sama mendukung UMKM, diharapkan dapat menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan dan pengembangan UMKM di Indonesia.