Scroll untuk baca artikel
BisnisMakro

Peran Baru: Artis-Influencer Dalam Misi Penyelamatan UMKM

168
×

Peran Baru: Artis-Influencer Dalam Misi Penyelamatan UMKM

Sebarkan artikel ini
Bukannya Dukung UMKM, Kalangan Artis-Influencer Justru Cari

Halosenja.com – untung dengan Berjualan Online

Perkembangan teknologi dan internet telah membuka peluang baru bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan produk mereka secara online. Namun sayangnya, beberapa kalangan artis dan influencer justru memanfaatkan tren ini untuk mendapatkan keuntungan pribadi, daripada mendukung UMKM.

Banyak artis dan influencer yang memiliki jutaan pengikut di media sosial mereka. Hal ini membuat mereka memiliki pengaruh yang besar terhadap masyarakat, terutama para penggemar mereka. Sebagai seorang public figure, mereka seharusnya menjadi contoh yang baik dan mendukung perkembangan UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian negara.

Namun, beberapa artis dan influencer justru lebih tertarik pada keuntungan pribadi daripada membantu UMKM yang membutuhkan dukungan. Mereka menggunakan media sosial mereka untuk mempromosikan produk-produk yang bukan berasal dari UMKM, tetapi lebih kepada merek-merek besar yang biasanya sudah terkenal.

Tindakan ini tentu saja merugikan UMKM yang berjuang untuk memasarkan produk mereka. Sebagai contoh, ketika seorang artis terkenal mempromosikan produk fashion dari merek ternama, hal ini akan membuat konsumen lebih cenderung memilih merek tersebut daripada produk UMKM yang mungkin memiliki kualitas yang sama atau bahkan lebih baik.

Tidak hanya itu, beberapa artis dan influencer bahkan menciptakan produk mereka sendiri dan menjualnya dengan harga yang jauh di atas harga pasar. Meskipun produk tersebut mungkin saja berkualitas, namun harganya yang mahal membuatnya menjadi tidak terjangkau bagi sebagian besar masyarakat. Hal ini jelas bertentangan dengan semangat mendukung UMKM yang seharusnya mereka miliki.

Bukan berarti semua artis dan influencer melakukan hal ini, ada juga yang benar-benar mendukung UMKM dengan mempromosikan produk-produk dari UMKM di media sosial mereka. Namun, sayangnya jumlah mereka masih sedikit dibandingkan dengan yang melakukan praktik-praktik yang merugikan UMKM.

Pemerintah perlu turut campur tangan dalam hal ini untuk mendorong artis dan influencer agar lebih peduli dan mendukung UMKM. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan memberikan insentif atau penghargaan kepada mereka yang benar-benar aktif mendukung UMKM. Selain itu, perlu juga adanya pemantauan dan pengawasan terhadap praktik-praktik yang merugikan UMKM.

Dalam era digital ini, pengaruh artis dan influencer sangat besar. Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka untuk menggunakan pengaruh dan kepopuleran mereka dengan bijak, terutama dalam hal mendukung UMKM. Bukannya mencari keuntungan pribadi, mereka seharusnya menjadi duta yang membantu memajukan UMKM dan perekonomian negara.