Scroll untuk baca artikel
BisnisKeuangan

Keputusan Tertunda: Seleksi CPNS dan PPPK 2023 Menunggu Jadwal Baru

121
×

Keputusan Tertunda: Seleksi CPNS dan PPPK 2023 Menunggu Jadwal Baru

Sebarkan artikel ini
PNS Hanya Terima Gaji Tanpa Tunjangan, Berikut Untung

Halosenja.com – Seleksi CPNS dan PPPK merupakan salah satu momen penting bagi masyarakat Indonesia yang ingin bekerja di sektor pemerintahan. Namun, kabar mengejutkan datang pada tahun 2023 ini. Seleksi CPNS dan PPPK yang seharusnya dilaksanakan pada tahun ini, ternyata ditunda. Berikut adalah jadwal terbaru seleksi CPNS dan PPPK 2023.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengumumkan bahwa seleksi CPNS dan PPPK akan ditunda hingga tahun 2023. Keputusan ini diambil karena adanya perubahan sistem seleksi yang akan dilakukan.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, perubahan sistem seleksi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi calon pegawai negeri sipil serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Dalam sistem seleksi yang baru, akan diberlakukan ujian terpadu yang meliputi tes tulis, tes kompetensi, dan tes wawancara.

Kemenpan RB juga akan melakukan revisi terhadap Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2021 tentang Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK. Revisi ini dilakukan untuk mengakomodasi perubahan sistem seleksi yang akan diterapkan.

Meskipun seleksi CPNS dan PPPK ditunda, pemerintah tetap memberikan jaminan kepada calon peserta bahwa mereka tetap bisa mengikuti seleksi pada tahun 2023. Pemerintah akan membuka pendaftaran ulang bagi calon peserta yang sebelumnya sudah mendaftar pada tahun ini.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan kesempatan kepada mereka yang belum mendaftar pada tahun ini untuk mendaftar pada tahun 2023. Dengan demikian, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti seleksi CPNS dan PPPK.

Namun, keputusan ini juga menuai pro kontra di kalangan masyarakat. Ada yang setuju dengan penundaan ini karena dianggap sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas calon pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Namun, ada juga yang kecewa dengan keputusan ini karena mereka sudah menunggu lama untuk mengikuti seleksi CPNS dan PPPK.

Bagi masyarakat yang sudah menunggu lama, penundaan ini tentu menjadi suatu hal yang menyebalkan. Mereka harus menunggu lebih lama lagi untuk bisa bekerja di sektor pemerintahan. Namun, pemerintah berharap dengan perubahan sistem seleksi ini, akan tercipta SDM yang lebih berkualitas dan bisa menghasilkan pelayanan publik yang lebih baik.

Sementara menunggu seleksi CPNS dan PPPK pada tahun 2023, calon peserta diharapkan terus meningkatkan pengetahuan dan kualifikasi diri. Mereka bisa mengikuti berbagai pelatihan dan kursus yang relevan dengan bidang yang akan ditekuni. Dengan begitu, saat seleksi dilaksanakan, mereka siap untuk bersaing dengan calon peserta lainnya.

Jadwal terbaru seleksi CPNS dan PPPK 2023 masih belum diumumkan secara resmi oleh Kemenpan RB. Namun, diharapkan pemerintah segera mengumumkan jadwal tersebut agar calon peserta bisa mempersiapkan diri dengan baik. Semoga dengan penundaan ini, seleksi CPNS dan PPPK pada tahun 2023 dapat menghasilkan pegawai pemerintahan yang berkualitas dan kompeten.