Scroll untuk baca artikel
BisnisKeuangan

Hijaukan Bumi, Satu Juta Pohon Menjadi Jawara: MBJ Inisiasi Gerakan Menanam

152
×

Hijaukan Bumi, Satu Juta Pohon Menjadi Jawara: MBJ Inisiasi Gerakan Menanam

Sebarkan artikel ini
MBJ Inisiasi Gerakan Menanam Satu Juta Pohon untuk Jaga

Halosenja.com – MBJ Inisiasi Gerakan Menanam Satu Juta Pohon untuk Jaga Lingkungan

Jakarta, 1 Februari 2023 – Menteri Badan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MBJ), Bapak Siti Nurbaya Bakar, mengumumkan inisiasi gerakan menanam satu juta pohon sebagai upaya untuk menjaga keberlanjutan lingkungan. Gerakan ini diluncurkan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mengatasi perubahan iklim dan kerusakan lingkungan.

Dalam konferensi pers yang diadakan di Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bapak Siti Nurbaya Bakar menjelaskan, “Gerakan ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas udara, mengurangi polusi, dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Pohon-pohon yang ditanam akan berperan sebagai penyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang penting bagi kehidupan manusia dan ekosistem.”

Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Indonesia saat ini menghadapi masalah serius terkait deforestasi dan kerusakan lingkungan. Setiap tahun, ribuan hektar hutan hilang akibat aktivitas illegal logging, perambahan hutan untuk perluasan lahan pertanian, dan kebakaran hutan yang sering terjadi di beberapa wilayah.

Bapak Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan, “Melalui gerakan ini, kita berharap dapat menghentikan deforestasi dan mengembalikan kehidupan di hutan-hutan yang telah rusak. Kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik individu, kelompok, maupun perusahaan, untuk berpartisipasi dalam menanam pohon dan merawatnya agar dapat tumbuh dengan baik.”

Gerakan Menanam Satu Juta Pohon ini akan melibatkan berbagai pihak, termasuk sekolah, universitas, komunitas lingkungan, organisasi non-pemerintah, dan perusahaan swasta. Masyarakat akan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam menanam pohon di berbagai lokasi yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Bapak Siti Nurbaya Bakar menambahkan, “Kami juga akan memberikan bantuan teknis dan pembiayaan bagi mereka yang ingin ikut serta dalam gerakan ini. Kami percaya bahwa kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat merupakan kunci keberhasilan dalam menjaga lingkungan.”

Selain itu, gerakan ini juga akan memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal. Pembangunan kebun-kebun urban dan penanaman pohon di lahan-lahan yang kosong akan menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Gerakan Menanam Satu Juta Pohon ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan. Pemerintah berharap bahwa dengan menanam satu juta pohon, Indonesia dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan menghentikan kerusakan lingkungan yang semakin parah.

Bapak Siti Nurbaya Bakar menutup konferensi pers dengan mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam gerakan ini. “Setiap orang memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan. Ayo, mari kita bersama-sama menanam satu juta pohon untuk masa depan yang lebih baik!” ujarnya.

Gerakan Menanam Satu Juta Pohon ini akan diluncurkan pada bulan Maret mendatang dan diharapkan dapat segera diikuti oleh banyak masyarakat. Dengan upaya bersama, diharapkan Indonesia dapat menjadi negara yang lebih hijau dan berkelanjutan.