Scroll untuk baca artikel
BisnisKeuangan

Revolutionizing Cash Transactions: QRIS Now Enables Cash Withdrawals and Deposits from Today Onwards

235
×

Revolutionizing Cash Transactions: QRIS Now Enables Cash Withdrawals and Deposits from Today Onwards

Sebarkan artikel ini
Segini Biaya Tarik-Setor Tunai Gunakan QRIS

Halosenja.com – Mulai Hari Ini QRIS Bisa Digunakan untuk Tarik-Setor Tunai

Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2019, Quick Response Indonesia Standard (QRIS) telah menjadi alat pembayaran yang semakin populer. QRIS memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat melalui kode QR.

Namun, pada tanggal 1 November 2021, QRIS telah mengalami perkembangan baru yang menarik. Kini, QRIS tidak hanya dapat digunakan untuk pembayaran, tetapi juga untuk tarik-setor tunai.

Keputusan ini diambil oleh Bank Indonesia (BI) sebagai upaya untuk meningkatkan aksesibilitas keuangan bagi masyarakat. Dengan menggunakan QRIS, masyarakat dapat melakukan tarik-setor tunai di berbagai tempat yang telah bekerjasama dengan BI.

Dalam pelaksanaannya, masyarakat cukup mengunjungi pedagang atau agen yang sudah memiliki perangkat QRIS. Setelah itu, mereka hanya perlu memindai kode QR yang terdapat di lokasi tersebut. Setelah proses pemindai selesai, masyarakat dapat memasukkan jumlah uang yang ingin ditarik atau disetor.

Tentu saja, tarik-setor tunai menggunakan QRIS ini memiliki beberapa keuntungan. Pertama, prosesnya yang cepat dan mudah. Masyarakat tidak perlu lagi mengantre di bank atau mesin ATM untuk melakukan tarik-setor tunai. Cukup dengan memindai kode QR, uang dapat langsung ditarik atau disetor.

Kedua, aksesibilitas yang lebih luas. QRIS sudah banyak diterima di berbagai tempat seperti toko, restoran, dan warung. Hal ini membuat masyarakat dapat lebih mudah menemukan agen yang bisa membantu mereka melakukan tarik-setor tunai.

Selain itu, penggunaan QRIS juga memberikan keuntungan bagi pedagang atau agen. Mereka dapat menawarkan layanan tarik-setor tunai kepada pelanggan mereka, yang pada akhirnya dapat meningkatkan omzet penjualan mereka. Dengan semakin banyak pedagang yang menerima QRIS, masyarakat juga semakin terbiasa dengan penggunaan QRIS dalam kegiatan sehari-hari mereka.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan QRIS untuk tarik-setor tunai. Pertama, pastikan untuk melakukan transaksi di tempat yang terpercaya. Pilihlah agen yang sudah bekerja sama dengan BI dan memiliki izin resmi untuk melakukan tarik-setor tunai.

Kedua, perhatikan batas maksimum tarik dan setor tunai yang ditentukan oleh masing-masing agen. Setiap agen mungkin memiliki batasan tertentu, jadi pastikan untuk mengetahuinya sebelum melakukan transaksi.

Terakhir, pastikan juga untuk melindungi informasi pribadi dan keamanan rekening Anda. Hindari memberikan informasi yang tidak perlu kepada agen atau pihak lain yang tidak berwenang.

Dengan diperkenalkannya penggunaan QRIS untuk tarik-setor tunai, diharapkan masyarakat dapat semakin terbantu dalam melakukan transaksi keuangan sehari-hari. Keputusan ini juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong inklusi keuangan dan digitalisasi ekonomi.

Sebagai negara dengan tingkat penetrasi telepon genggam yang tinggi, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mengadopsi teknologi pembayaran digital seperti QRIS. Dengan terus mengembangkan dan memperluas penggunaan QRIS, diharapkan kegiatan ekonomi di Indonesia dapat semakin efisien dan inklusif.