Scroll untuk baca artikel
BisnisMakro

India Melangkah Maju: Mengukuhkan Posisi Ekspor dan Meramalkan Masa Depan Beras

194
×

India Melangkah Maju: Mengukuhkan Posisi Ekspor dan Meramalkan Masa Depan Beras

Sebarkan artikel ini
India Tegaskan Tetap Buka Keran Ekspor, Harga Beras Bakal Tu...

Halosenja.com – India Tegaskan Tetap Buka Keran Ekspor, Harga Beras Bakal Turun

India, sebagai salah satu produsen beras terbesar di dunia, telah menyatakan keputusan untuk tetap membuka keran ekspor beras meskipun permintaan domestik meningkat selama pandemi COVID-19. Keputusan ini diharapkan dapat menurunkan harga beras di pasar internasional.

Pada bulan Maret lalu, India memutuskan untuk mengekspor beras yang telah ditandai sebagai non-basmati, dengan tujuan untuk memenuhi permintaan global yang tinggi. Keputusan ini diambil setelah produksi beras India mencapai rekor tertinggi dalam beberapa tahun terakhir, dengan surplus yang cukup besar.

Namun, pandemi COVID-19 telah mengubah dinamika pasar beras di India. Permintaan domestik meningkat tajam karena masyarakat berbondong-bondong membeli bahan makanan pokok untuk menghadapi lockdown nasional. Situasi ini telah memicu kekhawatiran akan kelangkaan beras dan meningkatnya harga di pasar domestik.

Namun, pemerintah India tetap teguh pada keputusannya untuk tetap membuka keran ekspor beras. Mereka yakin bahwa surplus yang cukup besar akan mampu memenuhi permintaan dalam negeri dan ekspor sekaligus. Keputusan ini juga diambil untuk menjaga stabilitas harga di pasar internasional, mengingat India adalah salah satu eksportir beras terbesar di dunia.

Para pakar pertanian dan ekonomi telah memberikan dukungan terhadap keputusan ini. Mereka percaya bahwa melanjutkan ekspor beras akan membantu menjaga harga beras tetap terjangkau di pasar domestik dan menghindari kelangkaan. Selain itu, keputusan ini juga dapat membantu meningkatkan pendapatan petani di India, yang sangat bergantung pada ekspor beras.

Namun, keputusan India untuk membuka keran ekspor beras tetap menjadi polemik di kalangan masyarakat. Beberapa orang khawatir bahwa keputusan ini dapat menyebabkan kelangkaan beras di India dan meningkatkan harga di pasar domestik. Mereka berpendapat bahwa pemerintah seharusnya memprioritaskan kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu sebelum memenuhi permintaan global.

Hingga saat ini, keputusan India untuk tetap membuka keran ekspor beras masih berlaku. Pemerintah terus memantau situasi dan berkomitmen untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan beras di pasar domestik. Sementara itu, pasar internasional dapat mengharapkan penurunan harga beras, karena India akan terus mengekspor surplusnya.