Scroll untuk baca artikel
BisnisKeuangan

Inferno di Pelabuhan Jongor Tegal: Kapal-kapal Terbakar Membawa Bencana Keuangan Bagi Warga

227
×

Inferno di Pelabuhan Jongor Tegal: Kapal-kapal Terbakar Membawa Bencana Keuangan Bagi Warga

Sebarkan artikel ini
Puluhan Kapal Terbakar, Warga di Pelabuhan Jongor Tegal Rugi...

Halosenja.com – Puluhan Kapal Terbakar, Warga di Pelabuhan Jongor Tegal Rugi

Tegal, 12 Juli 2021 – Kebakaran hebat melanda Pelabuhan Jongor di Tegal pada hari Minggu (11/7) malam. Puluhan kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut terbakar habis, meninggalkan kerugian besar bagi warga setempat.

Insiden ini terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Api dengan cepat melahap sejumlah kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut, dan dalam waktu singkat, kepulan asap tebal sudah terlihat dari kejauhan. Sejumlah warga yang melihat kejadian ini langsung berusaha memberikan pertolongan pertama, tetapi api terlalu kuat dan cepat membesar sehingga mereka tidak bisa melakukan banyak hal.

Petugas pemadam kebakaran dari Tegal dan beberapa kota tetangga juga segera dikerahkan ke lokasi untuk mengatasi kebakaran tersebut. Namun, api yang berkobar terlalu besar dan sulit dijinakkan, sehingga api baru dapat dikendalikan beberapa jam setelahnya. Puluhan mobil pemadam kebakaran dan ratusan petugas pemadam kebakaran terlibat dalam upaya pemadaman yang panjang dan melelahkan.

Kondisi yang memprihatinkan ini membuat banyak warga setempat terpukul. Kapal-kapal yang terbakar tersebut merupakan sumber penghidupan bagi warga setempat, terutama nelayan dan pedagang ikan. Banyak dari mereka yang kehilangan kapal dan peralatan nelayan, yang merupakan aset berharga yang mereka bangun selama bertahun-tahun.

Salah satu nelayan, Budi (45), mengatakan bahwa kapalnya yang baru saja selesai direnovasi terbakar dalam kejadian tersebut. “Saya sangat terpukul melihat kapal saya yang saya gunakan untuk mencari nafkah selama bertahun-tahun, hancur dalam sekejap,” ujarnya dengan nada sedih.

Selain nelayan, pedagang ikan yang memiliki kios di sekitar pelabuhan juga mengalami kerugian besar. Ikan-ikan yang biasanya mereka jual tidak bisa diselamatkan dan habis terbakar bersama dengan kapal-kapal tersebut. Banyak dari mereka yang kehilangan sumber penghasilan utama mereka dan tidak tahu bagaimana cara memulai lagi.

Pihak berwenang setempat telah mengumumkan bahwa penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Namun, dugaan sementara adalah adanya korsleting listrik di salah satu kapal yang kemudian menyebar dengan cepat ke kapal-kapal lainnya. Pemerintah setempat juga telah menjanjikan bantuan dan dukungan kepada warga yang terkena dampak kebakaran ini.

Sementara itu, berbagai komunitas dan kelompok masyarakat di sekitar Tegal juga telah bergerak untuk memberikan bantuan kepada para korban kebakaran. Donasi berupa makanan, pakaian, dan obat-obatan telah dikumpulkan untuk membantu meringankan beban yang mereka hadapi.

Puluhan kapal terbakar di Pelabuhan Jongor, Tegal, merupakan kejadian yang sangat memilukan. Kerugian materiil yang dialami oleh warga setempat, terutama nelayan dan pedagang ikan, sangat besar. Semoga mereka dapat bangkit kembali dan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk memulihkan kehidupan mereka.