Scroll untuk baca artikel
BisnisKeuangan

Wapres Mengajukan Tantangan: Tekankan Dominasi Ekspor Pertanian untuk Meningkatkan Kemandirian Pangan

154
×

Wapres Mengajukan Tantangan: Tekankan Dominasi Ekspor Pertanian untuk Meningkatkan Kemandirian Pangan

Sebarkan artikel ini
Wapres Minta Ekspor Pertanian Didominasi ...

Halosenja.com – Wakil Presiden Minta Ekspor Pertanian Didominasi oleh Produk Unggulan

Jakarta, 12 Oktober 2021 – Wakil Presiden RI, Bapak Jusuf Kalla, meminta agar ekspor sektor pertanian lebih didominasi oleh produk-produk unggulan dalam upaya mengangkat citra pertanian Indonesia di dunia internasional. Hal ini disampaikan dalam acara pertemuan dengan para pelaku usaha pertanian di Jakarta, hari ini.

Dalam pidatonya, Wakil Presiden menekankan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, dengan berbagai macam produk unggulan yang dapat menjadi kebanggaan bangsa. Namun, sayangnya, ekspor produk pertanian Indonesia masih didominasi oleh produk-produk komoditas seperti kelapa sawit, karet, dan kopi. Oleh karena itu, Bapak Jusuf Kalla mengajak para pelaku usaha pertanian untuk lebih berinovasi dan mengembangkan produk-produk unggulan yang memiliki nilai tambah lebih tinggi.

Salah satu contoh produk unggulan yang disoroti oleh Wakil Presiden adalah kopi luwak, yang merupakan salah satu jenis kopi paling mahal di dunia. Beliau berpendapat bahwa Indonesia memiliki keunggulan dalam produksi kopi luwak, dan hal ini dapat menjadi daya tarik bagi pasar internasional. Oleh karena itu, Bapak Jusuf Kalla meminta agar pemerintah dan pelaku usaha pertanian bekerjasama untuk meningkatkan produksi dan ekspor kopi luwak, serta mempromosikan produk ini secara lebih intensif di pasar internasional.

Selain itu, Wakil Presiden juga menyoroti potensi ekspor produk pertanian organik. Beliau menegaskan bahwa pasar internasional semakin menghargai produk-produk organik yang diproduksi dengan cara yang ramah lingkungan dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, sehingga memiliki potensi besar dalam menghasilkan produk pertanian organik berkualitas. Bapak Jusuf Kalla berharap agar pemerintah dan pelaku usaha pertanian dapat bekerjasama dalam mengembangkan produk pertanian organik dan meningkatkan ekspornya.

Di akhir pidatonya, Wakil Presiden juga mengingatkan pentingnya kerjasama antara pemerintah, pelaku usaha, dan para petani dalam mencapai target ekspor pertanian yang lebih besar. Beliau mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk memfasilitasi ekspor produk pertanian, seperti penyediaan infrastruktur dan perbaikan regulasi. Namun, Bapak Jusuf Kalla mengingatkan bahwa yang paling penting adalah semangat dan komitmen dari para pelaku usaha dan petani untuk mengembangkan produk-produk unggulan dan menjaga kualitasnya.

Diharapkan dengan adanya dorongan dari Wakil Presiden ini, ekspor sektor pertanian Indonesia dapat semakin berkembang dan produk-produk unggulan dapat dikenal dengan baik di pasar internasional. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian negara dan meningkatkan kesejahteraan para petani Indonesia.